in

Buat Yang Penasaran, ini Dia Alasan Kenapa Yoghurt Rasanya Asam?

Yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang sudah melalui proses fermentasi. Olahan susu tersebut dikenal cita rasanya yang asam. Karena rasa asamnya, nggak sedikit orang punya persepsi yang keliru dan menganggap bahwa yogurt merupakan susu basi atau kadaluwarsa lho Cakap People.

Perlu diingat bahwa yogurt memang bukan susu basi. Yogurt sendiri bisa diolah dari berbagai macam susu, mulai dari susu sapi hingga susu kacang kedelai. Awalnya dulu haya dikenal yogurt tawar tanpa rasa, contohnya yogurt original. Namun, belakangan ini yogurt banyak memiliki variasi rasa. Misalnya yogurt rasa vanila, cokelat, buah, dan masih banyak lainnya.

Keasaman Pada Yogurt Memang Disengaja

Kreasi olahan yogurt via Taste.

Perlu kamu tahu, rasa asam pada yogurt memang disengaja. Maksudnya susu sapi segar dengan sengaja memeng dibuat asam menggunakan beberapa teknik. Adapun salah satu teknik yang banyak dilakukan yaitu dengan memberikan bibir yogurt pada susu segar lalu membiarkannya selama beberapa jam. Pemberian bakteri bibit Yogurt tersebut memang bertujuan agar terjadi proses fermentasi yang menghasilkan tingkat keasaman yang disengaja. Produk hasil fermentasi tersebut dinamakan yogurt.

Penurunan pH Hasilkan Rasa Asam

Banyak bakteri baik dalam yogurt via Tetrapak.

Proses fermentasi laktosa atau gula susu oleh bakteri yang berlangsung dinamakan proses anaerobik. Proses ini adalah proses yang terjadi tanpa adanya peran dari oksigen. laktosa termasuk gula majemuk yang terdiri dari glukosa dan galaktosa. Selama prosesnya, ensim laktase dari bakteri akan memecah laktosa menjadi komponen yang lebih sederhana. Pengolahan lanjutan dari glukosa dan galaktosa memberikan hasil akhir asetaldehida dan asam laktat. Kedua produk tersebut dapat menurunkan pH susu sehingga menghasilkan rasa asam dan getir. Tingkat pH yang rendah akan mempengaruhi protein susu yang menyebabkan terjadinya pengentalan dan pengendapan. Inilah alasan mengapa yogurt memiliki pentuk padat dengan rasa asam yang khas. [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Suasana Santai di Waduk Bili-Bili Sambil Menyantap Ikan Bakar

Ini Alasan Entrepreneur Sejati Harus Punya Rasa Ingin Tahu