in ,

Berjalan Kaki 10 Menit Per Hari Membuat Kamu Dapat Manfaat Baik Ini loh, Apa Saja?

CakapCakap – Kesibukan yang hampir setiap hari ada seolah seringkali menjadikan kita untuk tak sempat berolahraga. Padahal bagaimana pun olahraga adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Tidak memiliki waktu yang cukup menjadi alasan utama mengapa orang meninggalkan olahraga. Apa Cakap People salah satunya?

Padahal realitanya olahraga tak selalu tentang kegiatan yang berat. Kamu bisa melakoni aktivitas olahraga ringan. Salah satunya ialah berjalan kaki. Cobalah untuk meluangkan waktu selama 10 menit untuk berjalan kaki. Dengan demikian kamu bisa mendapatkan aneka manfaat positif bagi kesehatan. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Kinerja otak meningkat

Manfaat jalan kaki bagi otak via Hellosehat.com

Kamu merasa sulit konsentrasi dan daya ingat jadi menurun? Solusinya ialah lakukan jalan kaki secara rutin. Sebab aktivitas sederhana berikut dapat melepaskan tingkat kepenatan dalam otak. Selain itu, hormon serotonin dalam otak juga akan dilepaskan. Jadi, masih enggan berjalan kaki?

2. Bakar 1000 kalori

Padukan dengan konsumsi makanan sehat via Migranthealth.org

Dengan berjalan kaki rutin selama 10 menit dalam kurun waktu 1 minggu ternyata bisa membakar hingga 1000 kalori loh. Terlebih jika kebiasaan tersebut kamu padukan dengan konsumsi jenis makanan yang sehat serta kualitas tidur yang baik. Jalan kaki yang dimaksud bukanlah jalan cepat. Melainkan jalan kaki dengan santai dan penuh ketenangan. Kamu dapat berjalan kaki keliling rumah atau jalan di sekitar area rumah selama 10 menit.

3. Pernapasan lebih lancar

Tips jalan kaki di kantor via Hellosehat.com

Tidak hanya bermanfaat baik bagi jantung, namun berjalan kaki selama 10 menit juga berdampak baik untuk paru-paru. Ketika berolahraga, tubuh akan memerlukan lebih banyak oksigen. Sehingga makin sering tubuh aktif bergerak maka kapasitas dari organ paru-paru pun jadi lebih meningkat. Alhasil sistem pernapasan dalam tubuh jadi lebih baik.

4. Menguatkan jantung

Pilih meeting berdiri via Pingopi.com

Berbekal sebuah penelitian yang dilakukan di American Heart Month menjelaskan apabila jalan kaki selama 10 menit dalam 1 hari dapat memberikan pencegahan terhadap serangan jantung sampai 50%. Hal ini dikarenakan duduk selama lebih dari 6 jam sehari dapat membuat aliran darah terhambat. Alhasil kinerja jantung bisa melemah. Solusi terbaik untuk masalah tersebut ialah dengan bergerak aktif ataupun berjalan selama 10 menit per hari.

Terkadang kendati sudah berniat untuk mengubah pola hidup lebih sehat, namun mayoritas orang masih kesulitan mencari celah guna olahraga. Maka dari itu, kamu bisa sesekali mencuri waktu. Misalnya saja pilih meeting berdiri, jangan duduk. Ketika hendak makan siang tempuh dengan jalan kaki, untuk pagi hari jalan kaki keliling rumah atau kompleks. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kamu Wajib Tahu! 2 Aturan yang Harus Diikuti saat Makan Malam Bersama Ratu Inggris

Semangat Bosque! Inilah 10 Kutipan Inspirasi yang Bisa Menjaga Kamu Menghadapi Masa-masa Sulit