in ,

4 Kuliner Ini Wajib Kamu Cicipi Saat Berada di Candi Borobudur dan Sekitarnya!

CakapCakap – Indonesia merupakan salah satu negara yang terbilang kaya akan destinasi wisata. Salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia ialah Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Apa Cakap People pernah berkunjung ke sana? Saking megah dan indahnya Candi Borobudur, tempat tersebut sampai masuk ke daftar Situs Warisan Dunia bernama UNESCO.

Jika kamu sedang berkunjung ke tempat wisata bersejarah tersebut, maka sempatkan untuk berburu kuliner di sekitarnya ya! Sebab terdapat aneka menu kuliner yang sangat menggoda. Kamu pun dianjurkan untuk mencicipinya. Nah, berikut rekomendasi kuliner di sekitar Candi Borobudur yang wajib kamu coba!

1. Nasi Lesah

Hidangan menggoda dari Magelang via Cookpad.com

Biasanya orang Indonesia akan merasa jika dirinya belum benar-benar makan sebelum mengonsumsi nasi. Di Magelang terdapat sebuah menu nasi yang pasti rasanya sulit kamu lupakan. Namanya ialah Nasi Lesah, yang mana terdapat campuran berupa bihun, sayur tauge, seledri, daun bawang serta potongan tahu bacem dan lalu disiram oleh kuah soto bersantan panas. Ingin mencoba mencicipi menu berikut? Tempatnya ada di Pasar Rejowinangun, namanya ialah Nasi Lesah Pak Badut.

2. Mangut Beong

Olahan dari ikan air tawar via Travelingyuk.com

Agaknya menu dengan nama unik berikut ini wajib kamu cicipi! Sebab Mangut Beong merupakan nama ikan air tawar yang biasanya hidup di Sungai Progo. Layaknya ikan lele, jenis ikan berikut punya warna hitam disertai dengan 3 patil serta kumis panjang. Hanya saja ukurannya terbilang besar. Untuk menjadi menu yang lezat, ikan beong harus dimasak terlebih dahulu. Caranya dengan digoreng kemudian direbus bersama kuah yang sudah diracik memakai bumbu khas. Alhasil ada sensasi rasa lezat dan empuk yang timbul dari menu berikut.

3. Kupat Tahu

Sajian berupa Kupat Tahu via Loveindonesia.com

Mungkin bagi sebagian orang menu yang satu ini sudah tak asing lagi untuk dirasakan. Tetapi, menu Kupat Tahu ala Magelang memiliki sensasi rasa yang khas dan berbeda. Kupat tahu umumnya berisi tempe bacem, potongan tahu halus, kecambah, ketupat, bakwan goreng, kubis, bawang goreng, dan daun seledri kemudian diguyur dengan saus kacang yang agak encer. Guna menambah kelezatan menu berikut, maka biasanya Kupat Tahu akan disantap dengan sate telur atau kerang. Jika ingin mencicipi menu berikut kamu bisa singgah di Kupat Tahu ‘Pak Slamet’ yang berada di selatan Masjid Agung Kota Magelang.

4. Sop Senerek

Menu andalan berupa Sop Senerek via Cookpad.com

Berbekal dari namanya, tentu sudah cukup menarik bukan? Jika dalam bahasa masyarakat sekitar, ‘senerek’ memiliki arti kacang merah. Dinamakan demikian lantaran kuliner ini memang mengusung kacang merah sebagai bahan utama. Sehingga bintang utama dalam hidangan ini bukannya babat, ayam atau daging sapi seperti menu sop pada umumnya. Terdapat potongan daging sapi pada menu ini. Namun hanya sebagai pelengkap saja, dan disajikan bersama daun bawang, bayam serta wortel. Kamu bisa mencicipi menu Sop Senerek ini di warung Sop Senerek Iga Spi & Rames Banarai yang terletak di Jalan Soekarno Hatta 288. Menu sop di sana cukup terkenal loh!

Bagaimana Cakap People, apa kamu tertarik untuk mencicipi aneka menu lezat di atas? Agaknya kamu harus menyempatkan waktu guna bertandang ke Magelang. Sebab, selain mendapatkan destinasi wisata yang mempesona kamu juga bisa merasakan macam menu kuliner yang menggugah selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

3 Website Pengunduh Subtitle Paling Lengkap, Ini Dia!

Alasan Kamu Disebut ‘Dewasa’ oleh Orang-orang di Sekitarmu