in

4 Kesalahan Memotong Buah yang Jarang Disadari, Padahal Bikin Gizinya Hilang!

CakapCakap – Buah merupakan salah satu jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Sebab di dalamnya terdapat kandungan nutrisi serta gizi yang lengkap. Mulai dari aneka vitamin hingga serat yang berlimpah. Umumnya buah bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi jus. Kalau Cakap People tim yang mana?

Apabila buah dikonsumsi secara langsung, maka harus dipotong terlebih dulu. Apalagi jika ukuran buah terlampau besar. Namun, memotong buah tak boleh sembarangan. Sebab salah memotong buah bisa berakibat fatal. Kandungan gizi di dalamnya bisa hilang loh! Berikut 4 kesalahan dalam memotong buah yang sering dilakukan namun tak pernah disadari.

1. Mencuci buah pasca dipotong

Hindari mencuci buah setelah dipotong via Lampungpro.com

Pasca buah dipotong umumnya akan ada cairan yang agak lengket keluar. Biasanya orang akan mencuci buah yang sudah dipotong tersebut guna menghilangkan kesan lengket. Padahal cairan lengket tersebut merupakan cairan alami yang terdapat dalam buah. Di mana ketika buah dipotong maka cairan tersebut akan secara otomatis keluar. Jika kamu mencuci buah yang telah dipotong tersebut maka zat bermanfaat dalam buah akan ikut terbuang. Beberapa jenis buah seperti melon, nanas hingga mangga memang punya kandungan cairan yang tinggi. Jika dipotong kemudian dicuci maka buah tersebut akan kehilangan kandungan cairan tersebut sampai 5 hingga 20 persen.

2. Tidak membersihkan alat pemotong buah

Pastikan kebersihan alat pemotong buah via Journal.sociolla.com

Kebersihan merupakan salah satu hal yang wajib kamu perhatikan. Terlebih ketika kamu hendak memotong buah menggunakan pisau atau alat tajam lain. Jika kamu memakai pisau yang tak dicuci atau tidak terjamin kebersihannya maka akan tinggi kemungkinan buah terpapar bakteri. Alhasil kandungan gizi dalam buah akan menurun.

3. Tak kunjung dikonsumsi

Membiarkan buah di ruang terbuka via Resepmakanan.id

Apa kamu sering melakukan kebiasaan berikut ini? Jika iya maka mulai hindari dari sekarang. Sebab buah yang tak segera dikonsumsi pasca dipotong bisa terpapar oleh cahaya, udara, hingga bakteri. Apalagi jika kamu membiarkan buah tersebut terdiam dalam ruang terbuka. Idealnya buah yang telah dikupas serta dipotong lebih dari 2 sampai 3 jam serta tak kunjung dikonsumsi bisa membuatnya kehilangan kandungan gizi dan cairan loh!

4. Buah dipotong dengan ukuran terlalu kecil

Jangan memotong buah terlalu tipis via Sigmabimed.com

Tahukah kamu ternyata ukuran potongan buah juga bisa berpengaruh terhadap kandungan gizi di dalamnya? Hal ini dikarenakan potongan buah yang terlampau kecil maupun tipis bisa membuatnya makin mudah terkena paparan zat kontaminan, seperti udara, bakteri, cahaya hingga suhu panas. Sehingga kandungan nutrisi seperti vitamin C bisa menguap. Oleh karena itu, potong buah ke dalam ukuran yang sedang dan jangan terlalu kecil.

Nah, sudah tahu bukan Cakap People kesalahan apa saja yang sering dilakukan tanpa disadari? Ada baiknya jika mulai sekarang kamu tak melakukan tindakan itu lagi. Sebab tubuh memerlukan nutrisi dan gizi yang tepat. Nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi jenis buah-buahan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tanda Centang Biru di Whatsapp Bisa Diubah Jadi Emoticon Lucu loh, Begini Caranya!

Kerennya Area Samcheong-Dong, Seoul Di Musim Gugur