in ,

5 Kebiasaan Mengejutkan Ini Bisa Sebabkan Diabetes, Waspadalah!

Meskipun ada tiga jenis utama diabetes — tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional — tipe 2 sejauh ini adalah yang paling umum dan paling dapat dicegah.

CakapCakapCakap People! Lebih dari 122 juta orang Amerika hidup dengan diabetes, penyakit kronis yang memengaruhi cara tubuh mengubah makanan menjadi energi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Meskipun ada tiga jenis utama diabetes — tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional — tipe 2 sejauh ini adalah yang paling umum dan paling dapat dicegah.

“Jika Anda mengenali salah satu gejalanya, cari bantuan, karena mengidentifikasi diabetes sejak dini dapat menjadi kunci untuk mencegahnya menjadi lebih buruk,” kata Dr. Deena Adimoolam, ahli endokrinologi terlatih di Yale dengan spesialisasi diabetes, makanan sebagai obat, dan kesehatan metabolisme.

Dengan mengetahui kebiasaan paling umum yang berkontribusi terhadapnya, itu bisa membantu kamu mencegah penyakit tersebut. Berikut adalah lima kebiasaan mengejutkan yang dapat menyebabkan diabetes yang harus diwaspadai, seperti dikutip Eat This Not That:

1. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko diabetes. American Diabetes Association mengungkapkan bahwa sementara hampir satu dan tiga orang dewasa Amerika memiliki tekanan darah tinggi, dua dari tiga penderita diabetes menderita karenanya.

“Ketika tekanan darah Anda tinggi, jantung Anda harus bekerja lebih keras dan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah lainnya meningkat,” jelas mereka.

2. BMI (Body Mass Index) Tinggi

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), obesitas memainkan peran utama dalam perkembangan diabetes.

“Anda mungkin dapat mencegah atau menunda diabetes dengan menurunkan 5 hingga 10% dari berat badan Anda saat ini,” sebutnya. “Dan begitu Anda kehilangan berat badan, penting agar Anda tidak menambahnya kembali.”

3. Makan dengan buruk

Diet memainkan peran besar dalam perkembangan diabetes tipe 2. NIDDK menjelaskan bahwa mengurangi asupan kalori sangat penting untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

“Diet Anda harus mencakup porsi yang lebih kecil dan sedikit lemak dan gula. Anda juga harus makan berbagai makanan dari setiap kelompok makanan, termasuk banyak biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Ini juga merupakan ide yang baik untuk membatasi daging merah, dan menghindari makanan daging olahan,” saran mereka.

4. Tidak Berolahraga

Olahraga juga penting untuk kesehatan, termasuk membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar gula darah.

“Keduanya menurunkan risiko diabetes tipe 2,” kata NIDDK.

Mereka menyarankan untuk melakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik 5 hari dalam seminggu.

“Beberapa aktivitas fisik setiap hari dapat membantu menurunkan gula darah dan mungkin mencegah diabetes tipe 2,” kata Dr. Adimoolam.

“Aktivitas sehari-hari bahkan dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.”

5. Merokok

Berhenti merokok membantu mencegah diabetes.

“Merokok dapat berkontribusi pada resistensi insulin, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Jika Anda sudah merokok, cobalah untuk berhenti,” saran NIDDK.

6. Jika Mengalami Gejala Ini, Segeralah Cari Bantuan:

Jika kamu mengalami gejala-gejala berikut, menurut CDC, segera hubungi profesional medis:

  • Buang air kecil (kencing) banyak, sering di malam hari
  • Sangat haus
  • Berat badan turun sendiri
  • Sangat lapar
  • Memiliki penglihatan kabur
  • Memiliki tangan atau kaki mati rasa atau kesemutan
  • Merasa sangat lelah
  • Memiliki kulit yang sangat kering
  • Memiliki luka yang sembuh perlahan
  • Memiliki lebih banyak infeksi dari biasanya

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

BTS Cetak Sejarah di MTV EMA; Menjadi Grup Dengan Penghargaan Terbanyak

Daftar Vitamin yang Bisa Cegah Penuaan, Menurut Studi!