in ,

Warna Asap Knalpot Bisa Identifikasi Kerusakan Mesin Kendaraan lho!

CakapCakap – Bukan rahasia lagi jika kini mobil menjadi salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Bahkan, hampir setiap rumah memiliki kendaraan roda 4 berikut. Namun, cara merawat mobil berbeda jika dibandingkan dengan langkah perawatan pada motor. Tentunya, biaya yang dikeluarkan untuk merawat mobil juga lebih besar nominalnya. Benar bukan Cakap People?

Oleh karena itu, kamu tak boleh mengabaikan kondisi mobil. Guna selalu update akan kondisi mesin pada mobil maka kamu harus senantiasa mengeceknya. Salah satu cara mudah mengidentifikasi keadaan mesin mobil ialah dengan meninjau warna asap yang keluar. Simak ulasan berikut ini yuk!

1. Asap hitam

Warna asap kendaraan hitam pekat via Mobilipo.com

Jika warna hitam yang keluar maka menandakan jika mesin terlalu banyak membakar bahan bakar. Alhasil, bahan bakar jadi lebih boros. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan servis. Guna memastikan kebenaran dari indikasi ini maka kamu bisa membawa mobil ke bengkel langganan guna dipastikan penyebab keluarnya asap berwarna hitam.

2. Warna putih

Asap putih tipis via Fastnlow.net

Terdapat setidaknya dua jenis warna putih yang berasal dari knalpot. Terdiri dari asap putih tebal dan yang tipis. Apabila asap putih tipis yang keluar, maka kamu tak perlu cemas. Sebab itu merupakan hal yang normal akibat adanya tumpukan kondensasi di area aliran pembuangan. Sementara, jika putih tebal yang keluar maka menandakan masalah cukup besar. Sehingga kamu tak boleh menyepelekannya. Sebab, oli yang masuk ke wilayah bakar terbilang banyak. Hal tersebut bisa terjadi lantaran adanya kebocoran di bagian ring piston atau seal klep yang sudah parah.

3. Keabu-abuan atau kebiruan

 

Warna asap mobil kebiruan via Gridoto.com

Pasca mesin dinyalakan, asap yang keluar berwarna kebiruan atau keabu-abuan? Maka hal tersebut mengindikasikan jika hanya sedikit oli yang terbakar. Jumlah oli yang di bakar pada mesin memang terbilang sedikit, tetapi konsisten menuju ruang silinder. Oleh karena itu, jika warna asap menunjukkan kedua warna berikut maka artinya terdapat masalah di bagian head gasket.

Namun apabila mesin mobil disempurnakan dengan kehadiran turbo, maka warna asap kebiruan ini bisa pula berarti adanya masalah di bagian blower turbo. Sedangkan warna keabu-abuan menandakan adanya masalah di bagian transmisi. Guna memastikan penyebab warna asap kendaraan tersebut, maka ada baiknya jika kamu langsung berkonsultasi dengan ahlinya.

Jika Cakap People merasa apabila asap knalpot berwarna demikian, maka tandanya mesin mobil perlu dilakukan servis. Sebaiknya, kamu melakukan agenda servis rutin guna menghindari kerusakan parah pada bagian mesin mobil. Tentu tak ada salahnya bukan jika  kamu lebih perhatian dengan kondisi mesin mobil!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Cuek dan Tak Romantis! Cowok Berzodiak Ini Bikin Cewek Gemas

Sineas Muda Makassar Kembali Berprestasi di Festival Film Dunia