in

Percaya deh! Tahan Hal-Hal Ini Saat Mengerjakan Skripsi

Cakapcakap – Cakap People, banyak yang mengumpamakan skripsi adalah seperti ‘momok’ bagi tiap mahasiswa tingkat akhir. Setuju gak sih?

Tak dipungkiri, banyak tantangan ketika seorang mahasiswa  dalam tahap menyusun skripsi. Mulai dari  harus menghadapi pertanyaan ; “kapan lulus?” yang datang dari orang tua,  keluarga besar dan juga teman-teman lain, yang terus ditanyakan setiap wajah kamu terlihat oleh mereka. Hingga karakteristik pembimbing yang harus kamu pahami secara mendalam dan sedikit demi sedikit harus kamu sesuaikan. Kalau kamu dapat pembimbing yang klop, bersyukurlah. Tapi, jika ternyata kamu mendapatkan pembimbing yang membuatmu deg-degan setiap kali akan bertemu, maka persiapkanlah energi positifmu sebanyak-banyaknya.

Hal yang tak kalah penting saat mengerjakan skripsi adalah kamu harus banyak belajar untuk menahan. Menahan siapapun atau apapun yang berusaha untuk menggoyahkan keinginanmu untuk segera merampungkan skripsi dan wisuda. Kalau kamu tidak bisa menahan hal-hal di bawah ini, mungkin kamu harus bertemu dan menghabiskan hari-hari yang indah lagi dengan dosen pembimbingmu di semester depan. Gak mau, kan? Makanya, simak dulu, nih. 

Tahan di PHP-in Pembimbing

Tahan, tarik napas, hembuskan. (pixabay.com/markusspiske)
https://pixabay.com/en/businessman-office-tie-manager-598033/

“Kapan saya bisa bertemu bapak untuk bimbingan skripsi?”

“Pukul 16.00”

“Baik, pak. Terimakasih.”

Akhirnya pukul 16.00 WIB tiba dan kamu melangkah dengan riang ke ruangan dosen pembimbing. Setelah menunggu 10 menit, 15 menit, 20 menit, 25 menit, setengah jam, satu jam, ternyata beliau tidak muncul juga di ruangannya. Tariklah nafas dalam-dalam dan bergegaslah meninggalkan ruangan itu. Tetaplah bersemangat dan buatlah janji kembali untuk pertemuan berikutnya, demi skripsimu yang harus segera kelar.

Tahan dengan Iming-Iming Liburan 

Bye, teman-temanku. (pixabay.com/ Free Photos)
https://pixabay.com/en/airport-travelers-persons-business-731196/

Jika kamu masih berkutat dengan skripsi ketika teman-temanmu sudah mulai merencanakan liburan yang sangat seru dan bahkan sudah mulai membooking tiket. Tahan. Pikirkanlah bahwa setelah skripsi ini selesai, liburan panjang menunggumu. Sebelum kamu memasuki dunia orang dewasa yakni bekerja mencari uang dan mengurus berbagai macam tagihan.

Tahan untuk Tidak Beli Ini dan Itu

Simpan uangmu baik-baik. (pixabay.com/Maklay62)
https://pixabay.com/en/money-dollars-success-business-1428594/

Jangan dikira menyusun skripsi hanya menyita tenaga, waktu dan pikiramu. Lebih dari itu, menyusun skripsi juga menyita uang jajanmu. Membeli buku referensi yang tidak tersedia e-booknya, mencetak ulang setiap ketika harus direvisi, mencetak berbagai macam berkas-berkas penting, mencetak halaman-halaman tambahan, dan semacamnya sudah cukup membuatmu menimbang-nimbang berulang kali setiap akan membeli sesuatu.

Oleh karena itu, tahan dulu setiap keinginan untuk membeli sesuatu dengan alasan “lucu”, “pingin”, “mau”, atau semacamnya. Biasanya kata-kata tersebut berindikasi bahwa kamu belum terlalu membutuhkan barang-barang itu. Lebih baik sisihkan uang jajanmu untuk hal-hal tidak terduga selama menyelesaikan skripsi.

Tahan dengan ’Suara-Suara’ yang Berisik

Pasang tanda ini kalau perlu di wajahmu agar mereka tak mengganggu. (pixabay.com/KoalaParkLaundromat)
https://pixabay.com/en/sign-disturb-do-not-disturb-notice-1185059/

“Sudah sampai mana skripsinya?”

“Selesai kapan skripsinya?”

“Jadi wisuda bulan berapa?”

“Udah sampai mana, sih, skripsimu? Kok gak keliatan ngerjain?”

Ya. Suara-suara yang mengujarkan kalimat-kalimat tersebut memang rasanya sangat menyebalkan. Rasanya kamu ingin menjelaskan proses yang sudah kamu lewati menggunakan power point layaknya presentasi perusahaan. Tapi, itu hanya akan membuang-buang waktumu. Cobalah berpikir positif dan anggap bahwa mereka hanya memberi perhatian kepadamu. Jika perlu dijawab, maka cukup jawab dengan kalimat ampuh, “Doain aja, ya.” sambil berikan senyuman semanis madu.

Meskipun memang sedikit membuat keningmu berkerut, hal-hal di atas tidak bermaksud untuk membuatmu menganggap bahwa skripsi adalah hal yang sangat sulit dan sangat menakutkan. Dalam menyusun skripsi, kamu akan mendapatkan banyak pelajaran baru baik dari segi ilmu pengetahuan maupun menjalin hubungan dengan orang-orang yang akan membantumu dalam proses tersebut.

Percayalah Cakap People! Tiga hal di atas harus dapat kamu hadapi agar semuanya terasa lebih ringan untuk dijalani. Namun, sekali lagi, tidak bermaksud untuk menakut-nakuti ya. Bersemangatlah menyelesaikan skripsimu!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ada Jenjang Tamtama, Bintara dan Perwira dalam Karier TNI, Apa Bedanya?

Enak dan Sering Dikonsumsi, 4 Macam Buah Ini Ternyata Bisa Sebabkan Perut Kembung!