in ,

Peneliti LIPI Kembangkan Baterai Lithium Isi Cepat

Sebagian besar smartphone kelas atas saat ini sudah menggunakan teknologi fast charging yang bisa mengisi baterai lebih cepat. Via okezone.com

CakapCakap – Baterai jadi salah satu komponen penting pada perangkat elektronik seperti ponsel. Apalagi pada smartphone yang selalu menemani aktivitas sehari-hari para penggunanya, termasuk juga pasti Cakap People, tentu saja membutuhkan baterai dengan kapasitas yang bisa tahan lama, atau setidaknya memiliki kemampuan untuk melakukan pengisian cepat, atau dikenal dengan fast charging. Sebagian besar smartphone high end yang dijual saat ini memang sudah menggunakannya.

Sebagian besar smartphone kelas atas saat ini sudah menggunakan teknologi fast charging yang bisa mengisi baterai lebih cepat. Via okezone.com

Nah, baru-baru ini peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga mengembangkan baterai lithium dengan nilai konduktivitas listrik yang baik untuk fast charging, seperti yang dilansir laman Republika.co.id. Menariknya, baterai lithium itu dikembangkan dengan elektroda dari tempurung kelapa. “Tempurung kelapa memiliki bahan karbon aktif yang digunakan sebagai aditif dalam proses pembuatan elektroda. Badan aditif karbon ini digunakan untuk meningkatkan nilai konduktivitas listrik baik ionik atau elektronik,” jelas peneliti dari Pusat Penelitian Fisika LIPI Achmad Subhan.

Menurutnya, penggunaan karbon aktif optimum seperti tempurung kelapa sebagai komponen elektroda baterai lithium dapat meningkatkan nilai kapasitas dan kemampuan daya baterai yang lebih tinggi. Sedang biayanya jauh lebih rendah dibanding bahan lain. Namun, tantangannya adalah kebutuhan untuk membuat serbuk karbon aktif yang sangat halus, dan itu tidak sederhana. “Harus homogen baru bisa jadi penghantar yang bagus, sekitar satu hingga dua deci milimikro,” jelasnya. Ditambahkannya lagi, baterai ini bisa mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu 10-15 menit.

Menggunakan teknologi fast charging pada baterai smartphone juga harus dilakukan dengan benar. Via oketekno.com

Teknologi fast charging pada baterai memang telah memberikan banyak manfaat. Namun, tentu perlu pula untuk mengetahui cara-cara yang benar dalam menggunakannya. Dikutip dari laman iNews.id, salah satu yang paling penting adalah menggunakan perangkat charger orisinil bawaan dari smartphone tersebut, karena telah teruji sejak dari pabrik dan telah disesuaikan dengan kapasitas baterai perangkat tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kondisinya secara berkala.

Tidak hanya itu saja, selama mengisi baterai smartphone, letakkan perangkat pada kondisi yang aman untuk menghindari bahaya radiasi dan panas. Jangan lupa pula untuk memperbaharui sistem operasi dan aplikasi secara teratur. Nah, harus dicatat dan diingat ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Alibaba Group Luncurkan Program 10×1.000 Tech for Inclusion di Indonesia

Perkenalkan, Smartphone Tertipis di Dunia Karya Negara Jepang!