in ,

Merasa Pusing Saat Atau Pasca Olahraga? Ini Penyebabnya!

CakapCakap – Olahraga merupakan salah satu kegiatan sehat yang memang seharusnya dilakukan oleh semua orang. Sebab tak hanya bisa menjadikan tubuh lebih sehat, namun dengan olahraga juga dapat meningkatkan mood serta mengelola emosi jadi lebih stabil. Kendati demikian selalu ada saja hal-hal yang kurang mengenakan terjadi saat atau setelah melakukan olahraga. Sebab mayoritas orang sering merasa pusing saat maupun setelah olahraga. Apa Cakap People juga merasakannya?

Terkadang rasa pusing tersebut menjadikan penglihatan jadi kabur hingga gelap. Lantas, apa yang menyebabkan rasa pusing muncul saat ataupun setelah olahraga? Kamu bisa cari tahu sebabnya di ulasan berikut ini!

1. Tekanan darah rendah

Melakukan gerakan olahraga berat via Isengnulis.id

Mayoritas orang tak begitu peka jika tekanan darah memiliki peran yang penting dalam menjaga keseimbangan tubuh. Oleh karena itu, ketika kamu merasa pusing saat olahraga atau setelahnya maka bisa diakibatkan karena tekanan darah yang rendah. Kejadian ini bisa disebabkan oleh adanya gerakan berat dalam olahraga. Bisa juga karena kamu sudah terlalu lama tidak olahraga. Maka dari itu disarankan untuk istirahat sejenak di kala tubuh sudah mulai tak stabil saat olahraga.

2. Gula darah turun sangat drastis

 

 

Kekurangan glukosa dalam darah via Hellosehat.com

Ketika kamu memilih untuk melakukan agenda olahraga maupun aktivitas fisik berat, maka tubuh akan membutuhkan sumber energi guna dibakar jadi energi. Beberapa sumber energi tersebut berasal dari lemak, karbohidrat hingga glukosa. Apabila kamu tak makan sebelum olahraga, maka biasanya dirimu akan merasakan pusing saat maupun setelah olahraga. Mengapa demikian? Bisa disebabkan karena tubuh memakai glukosa sebagai salah satu sumber energi. Alhasil gula darah bisa turun dengan drastis.

3. Dehidrasi

Jaga kebutuhan cairan tubuh via Halodoc.com

Pasti kamu cukup paham apabila saat olahraga maka cairan tubuh akan keluar melalui saluran pembuangan hingga keringat. Nah, di situasi seperti ini maka kamu rentan mengalami dehidrasi. Guna menghalau hal tersebut maka cobalah untuk minum air secara berkala. Jangan menunggu merasa pusing baru minum air putih.

4. Gerakan olahraga tidak benar

Perhatikan apakah gerakan sudah tepat via Doktersehat.com

Coba tinjau kembali apakah gerakan olahraga yang kamu lakukan sudah tepat dan benar atau belum. Sebab jika gerakan tersebut tidak benar maupun tepat maka bisa memicu kontraksi saraf serta otot yang berakibat pada otak. Rangsangan tersebut akhirnya bisa menjadikan kamu pusing. Maka dari itu, perhatikan gerakan dari instruktur supaya agenda olahraga lebih tepat dan kaya manfaat.

Nah, itu dia Cakap People beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa kamu pusing saat atau setelah melakukan olahraga. Jika kamu merasakan pusing maka ada baiknya untuk istirahat sejenak dan jangan memaksa tubuh guna melakukan olahraga dalam intensitas yang berat. Terlebih jika kamu sudah lama tak berolahraga. Selain itu, imbangi pula dengan konsumsi cairan yang cukup supaya kamu tak dehidrasi saat olahraga.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ingin Masak Ayam Hari Ini? Coba Menu Garang Asem Ayam Saja, Berikut Resepnya!

Ngeri! 770 Juta Email dan Password Jadi Target Pembobolan