in ,

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Kenakan Kaos Kaki!

CakapCakap – Jika Cakap People punya masalah sulit tidur nyenyak, maka cara praktis yang satu ini patut dicoba. Ya, kenakan kaos kaki saat tidur malam untuk membuat tidur lebih pulas dan berkualitas. Mengenakan kaos kaki ini terbukti mampu membuat tidur lebih cepat 15 menit dan mengurangi kebiasaan bangun pada malam hari. Kenapa bisa begitu?

Tidur mengenakan kaos kaki via http://www.solusisehatku.com/luar-biasa-inilah-manfaat-memakai-kaos-kaki-saat-tidur

Penggunaan kaos kaki saat tidur ini lebih menekankan pada pengaturan suhu tubuh di malam hari saat tidur. Perlu diketahui jika suhu tubuh di siang hari sekitar 37 derajat celcius. Tapi pada malam hari, suhu ini turun sekitar 1,2 derajat celcius selama 6 jam tidur. Penurunan suhu inilah yang menjadi penyebab sulit tidur dan memicu sistem saraf terbangun. Jika suhu tubuh ini bisa cepat dinormalkan, maka semakin cepat pula sistem saraf mengontrol tubuh untuk tidur. Salah satu cara untuk mengatur suhu tubuh adalah melalui pembuluh darah di kulit. Lalu apa hubungannya dengan kaos kaki, Cakap People?

Jadi gini, otak akan memutuskan jika tubuh terlalu panas, maka otot akan memperlebar pembuluh darah dan menyebarkan darah lebih hangat dari inti tubuh melalui bagian tubuh lainnya untuk mendinginkannya. Proses ini juga berlaku sebaliknya, jika tubuh terlalu dingin, maka otak akan memberi sinyal membatasi aliran darah ke permukaan. Nah, telapak tangan dan telapak kaki adalah bagian tubuh yang tidak berbulu dan paling efisien sebagai penukar panas. Ini juga menghubungkan merendam kaki di air hangat sebelum tidur bisa memicu pelebaran pembuluh darah yang berakibat menurunkan suhu inti tubuh lebih cepat sama seperti menghangatkan bagian kaki dengan mengenakan kaos kaki.

Tidur mengenakan kaos kaki via http://beritahati.com/berita/6803/Ini-Loe-Keuntungan-Memakai-Kaos-Kaki-Saat-Tidur

Perbedaan suhu permukaan kulit ini adalah indikator terkuat kemungkinan untuk tidur lebih cepat. Para ilmuwan juga memiliki pengamatan bahwa kaki yang mengenakan kaos kaki saat tidur memiliki efek neurologis. Sementara itu ilmuwan di Korea mengungkapkan jika mengenakan kaos kaki selama tidur bisa meningkatkan waktu tidur secara keseluruhan rata-rata 30 menit dan memotong kemungkinan terbangun pada malam hari. Mulai sekarang Cakap People yang kesulitan tidur pulas bisa langsung mencoba mengenakan kaos kaki untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih optimal. [ED/YN]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Loading…

Mengenal Sinestesia, Kemampuan Mengombinasikan Dua Indera

Mom Datang yuk! Mom & Kiddie Fair di Trans Studio Mall Makassar September ini