in ,

Bassang Makassar, Menu Sarapan Simpel dan Mudah Dibuat

Cakapcakap – Cakap People setuju bukan jika hampir tiap wilayah yang ada di Indonesia ini pasti menyimpan aneka ragam kuliner yang menggugah selera? Salah satunya Kota Makassar. Banyak sekali kuliner khas Makassar yang berhasil memikat perut para penikmatnya. Bahkan, ragam menunya sangat terkenal namanya hingga ke luar kota.

Mulai dari Pisang Ijo, Coto Makassar hingga Sop Konro pun seolah menjadi buruan saat singgah di Makasaar. Namun, tak hanya menu itu saja lho yang jadi kuliner andalan di Makassar. Tetapi tersedia menu lain! Biasanya menu yang satu ini banyak dikonsumsi di kala pagi hari untuk menu sarapan. Coba tebak, apa menu yang dimaksud? Tak salah lagi, namanya adalah Bassang Makassar.

Menu Bassang Makassar via Deskgram.org

Biasanya menu tersebut sering dijajakan secara keliling oleh penjualnya. Sehingga kamu pun dapat menjumpainya dengan mudah. Namun, sebenarnya kamu bisa memasaknya sendiri lho! Sebab, caranya terbilang simpel dan bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah diperoleh. Bassang asal Makassar ini merupakan olahan kuliner yang terbuat atas biji jagung dan paduan santan. Ada pula bumbu-bumbu lain yang terlibat di dalamnya.

Meskipun termasuk dalam jenis makanan zaman dulu, namun Bassang ini terbilang lekat dengan selera lidah orang Nusantara. Bahan utama yang diperlukan untuk membuatnya ialah jagung pulut atau jagung ketan asli Sulawesi yang sudah menua. Bagaimana ya cara membuatnya? Mudah saja!

Kamu memerlukan jagung pulut yang sudah tua. Kemudian keluarkan kulit bijinya, hingga jagung akan tampak berwarna putih. Lantas, rendamlah selama 1 malam. Selanjutnya, kamu harus memasaknya bersama air, santan serta daun pandan. Tunggu sampai jagung jadi empuk. Baru kemudian kentalkan santan dengan memberinya campuran air serta tepung terigu. Kemudian berikan garam serta vanili secukupnya. Aduklah sampai merata.

Jagung pulut yang sudah dibuang kulitnya via Nccjajantradisionalindonesia.blogspot.com

Agar lebih nikmat, hidangkan Bassang saat masih panas. Kemudian tambahkan gula pasir sesuai dengan selera. Kamu pun dapat membubuhkan tambahan rempah seperti jahe. Namun jika kamu tak suka terlalu manis, maka kamu boleh memberikan tambahan penyedap rasa.

Mudah dan simpel bukan Cakap People? Kamu bisa mencobanya di rumah. Jika kamu bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja, maka kamu dapat membuat kreasi lain berupa Bassang. Sajikan selagi hangat bersama teh hangat, lantas santaplah menu sarapan ini bersama keluarga. Pasti rasanya akan sangat nikmat dan berkesan. Selamat mencoba ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hebat, 5 Smartphone Ini Berjaya Raih Rekor Dunia!

Diskusi Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Makassar