in

Lakukan 5 Cara Ini Agar Kuota Internetmu Menjadi Lebih Hemat

CakapCakap – Cakap People, pernah kah kamu baru saja membeli kuota internet namun tiba-tiba habis? pasti hal tersebut menjengkelkan bukan ? Memang harus diakui diera millennials sekarang ini setiap manusia hampir dapat dipastikan tak bisa lepas dengan namanya mengakses internet yang salah satunya menggunakan data internet.

Ilustrasi Pemakaian Kuota Internet. Via https://www.kabarin.co/inilah-beberapa-aplikasi-penyedot-kuota-internet-harus-diwaspadai/

Seperti yang dilansir dari blogku.id pengguna data internet masyarakat Indonesia menghabiskan 2,2 exabytes setiap bulannya, wow luar biasa. Akan tetapi tak sedikit yang masih kesulitan dalam mengontrol kebutuhan akan paket data, maka itu tak heran bila kuota yang dibeli kerapkali habis lebih cepat dari biasanya.

Cakap People, bila kamu tergolong orang yang masih sulit mengontrol kuota internet, simak tips-tips menghemat data internet di bawah ini.

1. Matikan GPS Jika Tak Lagi Digunakan

Matikan GPS Jika Tak Lagi Digunakan. Via https://www.kabarin.co/inilah-beberapa-aplikasi-penyedot-kuota-internet-harus-diwaspadai/

Langkah pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat konsumsi data internetmu tak lagi boros adalah mematikan fitur GPS jika sudah tidak lagi digunakan. Fitur GPS memang sangat menguras kuota kendati kamu tak menggunakan aplikasi Google Maps. Ini dikarenakan fitur penunjuk arah tersebut berjalan dilatar belakang.

2. Gunakan Aplikasi Sosial Media yang Ringan

Gunakan Media Sosial yang Ringan. Via https://higenz.com/2018/07/02/selain-aplikasi-dengan-konten-live-inilah-aplikasi-lainnya-yang-banyak-menyedot-kuota/

Bagi kamu yang suka bermain sosial media untuk sekadar berbagi momen atau berinteraksi dengan orang lain, maka dianjurkan untuk meggunakan aplikasi yang ringan. Sebab aplikasi jejaring sosial yang berat juga termasuk sebagai salah satu penyebab kuota internet mudah sekali habis.

Nah, berikut merupakan aplikasi jejaring sosial yang ringan antara lain Massager Lite, YouTube Go, Instagram Lite, Facebook Lite, Instagram Lite, Twitter Lite dan masih banyak lainya. Untuk aplikasi yang lain kamu cari sendiri ya Cakap People.

3. Gunakan Aplikasi Browser yang Ringan

Gunakan Aplikasi Browser Ringan. Via https://poskonews.com/2018/10/24/10-aplikasi-browser-android-terbaik-ringan-dan-hemat-kuota/

Menggunakan aplikasi browser yang berat ternyata juga menjadi penyebab kuota internet kamu cepat habis loh. Maka itu, untuk tetap menunjang aktivitas dalam mencari informasi melalui internet disarankan untuk menggunakan aplikasi ringan.

Tahu gak sih? browser yang berat ternyata memiliki tampilan iklan yang tak sedikit, otomatis penggunaan data internetmu pun menjadi lebih muda tersedot. Untuk itu coba gunakan aplikasi pencari informasi dari internet yang terkenal ringan sekaligus ramah kuota seperti opera mini, firefo lite, dan Uc Mini .

4. Usahakan untuk Melakukan Update Aplikasi Saat Terhubung WiFi

Ilustrasi Gunakan WiFi Jika Ingin Update Aplikasi. Via http://Ilustrasi%20Gunakan%20WiFi%20Jika%20Ingin%20Update%20Aplikasi.%20Via%20

Cakap People, melakukan update aplikasi Saat Terhubung WiFi merupakan cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat paket data. Rata-rata pembaharuan aplikasi membutuhkan paket data yang cukup banyak, bila menggunakan kuota internet pastinya akan menjadi cepat habis bukan?

5. Matikan Fitur Sinkronisasi

Ilustrasi Sinkronisasi. Via http://botolnews.blogspot.com/

Langkah terakhir yang bisa kamu coba untuk menghemat kuota internet yaitu mematikan fitur sinkronisasi. Bila kamu tidak mematikan aplikasi yang kurang berguna di fitur sinkronisasi maka akan banyak kuota terbuang secara percuma.

Jika kamu pengguna android dan belum tahu cara menonaktifkan fitur sinkronisasi, langsung saja menuju pengaturan lalu pilih menu akun, selanjutnya pilih aplikasi yang tak ingin kamu sinkronisasikan. Bila kamu menggunakan iOS, buka settings, kemudian pilih general, selanjutnya pilih saja nonaktifkan background app refresh.

Gimana Cakap People, informasi ini membantu kamu kan? Semoga bermanfaat ya.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

4 Kelebihan Punya Bos Wanita yang Menguntungkan Lingkungan Kerja, Apa Saja?

Punya Railgun, China Klaim Miliki Senjata Perang Tercanggih