in

Jelang Persalinan Caesar, 3 Persiapan Mental Ini yang Harus Kamu Lakukan!

CakapCakap – Rasanya hampir setiap ibu yang ada di dunia ini berkeinginan untuk melahirkan normal. Sebab dengan persalinan normal maka kondisi akan lebih cepat pulih serta biaya jauh lebih ekonomis. Namun, harus Cakap People pahami jika keadaan masing-masing ibu itu tidak serupa. Sehingga pada beberapa kondisi tertentu harus memungkinkan seorang ibu melahirkan caesar.

Sebenarnya persalinan secara caesar tidak begitu mengerikan seperti yang kamu bayangkan. Kamu bisa melakukan berbagai persiapan mental guna menghadapi persalinan secara caesar. Apa saja persiapan tersebut? Ini dia daftarnya!

1. Jangan segan untuk bertanya

Tanya pada ahli via Hellosehat.com

Banyak ibu yang merasa takut lantaran harus menjalani operasi caesar, jika hal yang sama menimpa kamu maka jangan segan untuk bertanya pada sang dokter. Sebab rasa takut biasanya akan muncul lantaran rasa tidak tahu. Maka dari itu, makin banyak kamu bertanya pada ahlinya maka akan semakin menjawab rasa ingin tahu yang ada dalam benakmu. Kamu pun bisa makin tenang dalam menjalani persalinan caesar nanti. Selain itu, jangan lupa untuk meminta penjelasan dari dokter perihal alur atau proses persalinan secara caesar padamu dan suami.

2. Latihan ketenangan

Ikut kelas yoga untuk ibu hamil via Hellosehat.com

Kamu dianjurkan untuk belajar perihal teknik pernapasan. Selain itu, mengikuti kelas yoga untuk ibu hamil juga cukup disarankan. Kendati kamu tak melahirkan melalui proses yang normal, namun kelas yoga dapat membantu kamu jadi lebih fokus serta tenang. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyusun daftar lagu-lagu relaksasi yang bisa didengarkan sesaat sebelum memasuki ruang operasi.

3. Penuh pertimbangan

Jangan pikirkan hal buruk via Republika.co.id

Pada beberapa situasi tertentu memang mengharuskan seorang ibu untuk menjalani operasi caesar. Kondisi-kondisi tersebut seperti, memiliki penyakit diabetes, punya usia yang lebih dari 35 tahun, berat badan berlebih, memiliki riwayat hipertensi, berat badan mengalami kenaikan drastis sewaktu hamil hingga pernah dioperasi di sekitar panggul atau perut. Sehingga persalinan caesar bukannya tanpa pertimbangan. Langkah ini diambil karena memerhatikan kesehatan ibu dan bayi di kandungan.

Ketika orang-orang tahu kamu akan menjalani persalinan caesar, mungkin tak sedikit yang berbicara jika proses sembuhnya akan lama, berjalan sakit hingga lain sebagainya. Namun sebaiknya jangan pikirkan kemungkinan-kemungkinan tersebut. Melainkan fokuslah jika nanti Cakap People pulang maka akan membawa si kecil yang sudah lahir di dunia. Siapkan baju-baju manis untuk menyusui dan dikenakan di kala sudah pulang nanti.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ratusan Perwira Tinggi dan Menengah TNI Menganggur. Kok Bisa?

Meteorid Cinta Dilelang Jelang Hari Valentine. Kamu Mau?