in ,

Enak dan Sering Dikonsumsi, 4 Macam Buah Ini Ternyata Bisa Sebabkan Perut Kembung!

CakapCakap – Perut kembung tentu cukup mengganggu waktu beraktivitas Cakap People. Perut kembung sendiri bisa terjadi karena beberapa hal dimana salah satunya mengonsumsi jenis buah-buahan tertentu. Buah-buahan umumnya mengandung banyak gula khususnya sorbitol dan fruktosa.

Jika terlalu banyak menelan kedua zat di atas, maka perut akan bereaksi. Kondisi ini akan membuatmu semakin tidak nyaman terlebih jika keadaan pencernaan sedang tidak baik sebelumnya. Bahkan ada pula beberapa jenis buah yang mengandung gas dan beresiko membuatmu merasa begah seperti setelah memakan semangkuk ramen. Buah-buahan inilah yang dimaksud.

1. Anggur kering

Buah anggur yang dikeringkan bisa beresiko sebabkan perut buncit via Pixabay

Jenis buah-buahan yang dikeringkan terutama kismis dari anggur dapat melancarkan pencernaan. Namun buah satu ini juga beresiko membuat perut terasa lebih buncit. Jika ingin mengonsumsi kismis sebaiknya kamu imbangi dengan air putih yang banyak.

2. Pir

Pir memiliki kandungan sorbitol via Pixabay

Buah yang banyak digemari ini merupakan jenis buah yang mengandung banyak air. Buah dengan rasa manis satu ini banyak dijadikan sebagai buah pembantu program diet. Meski memiliki banyak manfaat, namun buah pir mengandung sorbitol yang beresiko membuat perut terasa kembung.

Namun sebagian orang yang tidak memiliki kondisi perut bermasalah sebelumnya, sorbitol justru membantu memperlancar sistem pencernaan.

3. Mangga

Gula mangga yang tak bisa diserap akan terjebak di usus besar akan berfermentasi jadi gas via Pixabay

Mangga memiliki rasa manis dengan warna yang cerah sehingga membuat banyak orang tertarik  untuk mengonsumsinya. Sayangnya, mangga ternyata mengandung gula yang tidak sepenuhnya bisa diserap oleh usus kecil.

Gula mangga akan terjebak di usus besar lalu berfermentasi dan menimbulkan banyak gas. Solusinya, Cakap People bisa mengonsumsi mangga dengan memotong-motongnya terlebih dahulu ke dalam satu cangkir dan jangan lebih. Hal ini akan membantu untuk mendapatkan serat, gula serta karbohidrat yang pas.

4. Apel

Apel memiliki kandungan fruktosa yang susah dicerna oleh sebagian orang via Pixabay

Meski mengandung banyak antioksidan namun ternyata apel juga mengandung fruktosa yang susah dicerna oleh sebagian orang. Bagi kamu yang memiliki pencernaan sensitif ada baiknya mengonsumsi separuh apel saja dan hindari melahap semua. Kunyah apel hingga lumat untuk mengurangi jumlah fruktosa yang dikonsumsi. Dengan demikian, usus bisa mencerna secara lebih baik.

Cakap People, aneka buah memang memiliki beragam nutris serta gizi yang bagus buat kesehatan. Namun alangkah baiknya jika kamu mengonsumsi buah atau jenis makanan lain, tanpa harus berlebihan. Konsumsi dengan porsi sesuai kebutuhan dan rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Percaya deh! Tahan Hal-Hal Ini Saat Mengerjakan Skripsi

Bukan Tak Mau, 3 Zodiak Ini Memang Dikenal Paling Sulit Bergaul!