in

Cari Tempat Parkir? Kini Google Maps bisa Membantumu

CakapCakap – Mencari lokasi parkir menjadi salah satu aktivitas paling menyebalkan bagi banyak pengendara, baik mobil maupun sepeda motor di perkotaan besar. Cakap People mungkin bisa merasakan sulitnya mendapatkan tempat parkir, terutama ketika berkunjung ke sebuah pusat perbelanjaan modern alias mal, apalagi pada hari-hari libur. Pasalnya, ada banyak pemilik kendaraan bermotor yang menyerbu lokasi-lokasi umum seperti itu, sehingga tempat parkirnya penuh sesak.

Nah, untuk membantu kamu yang sering kesulitan untuk mendapatkan tempat parkir, kini Google sudah menghadirkan layanan barunya melalui Google Maps. Menurut laman Merdeka.com, fitur terbaru dari aplikasi navigasi milik Google bisa memberikan rekomendasi tempat parkir terdekat dengan lokasi tujuan pengguna. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, maka ketika sudah dekat dengan lokasi tujuan, Google Maps pun akan memberikan saran beberapa tempat untuk parkir kendaraan.

Ketika menggunakan Google Maps dalam perjalanan, selain titik tujuan, juga akan muncul simbol ‘P’ sebagai tanda tempat parkir terdekat dengan tempat tujuan pada aplikasi. Lalu, rekomendasi tempat parkir akan muncul dalam bentuk notifikasi pop up, yang berisikan informasi nama tempat parkir itu beserta keterangan jarak ke lokasi tujuan. Jika memilih rekomendasi itu, maka bisa menambahkan tempat berhenti di titik tersebut. Jika tidak mau, maka bisa diabaikan dan rekomendasi akan hilang.

Seorang wanita menunjukkan aplikasi Jukir yang bisa diakses menggunakan smartphone via Istimewa.

Namun, saat ini fitur rekomendasi tempat parkir dari Google Maps ini memang masih dalam proses uji coba. Meski begitu, sebenarnya sebelumnya sudah ada beberapa aplikasi tempat parkir yang bisa digunakan oleh para pengguna smartphone. Bahkan, sejak pertengahan Mei 2018, seperti dilansir Detik.com, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga sudah memanfaatkan keberadaan aplikasi seperti ini, dengan menerapkan penggunaan aplikasi parkir online ‘Jukir’ dan ‘Lapakon’ di wilayah Jakarta.

Penggunaan aplikasi ini sendiri diharapkan akan membantu para pengendara untuk mendapatkan tempat parkir dengan mudah, tanpa harus berkeliling lagi mencarinya. Namun, memang sebaiknya disarankan untuk menggunakan transportasi umum saja, sehingga tidak perlu repot mencari tempat parkir, apalagi kemudian harus berjalan kaki ke tempat tujuan. Bagaimana menurut Cakap People? [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kenalkan Cloud Computing, Solusi Server Terjangkau bagi Startup Pemula

Mobil Keren Ini Harganya Mulai Rp 19 Jutaan, Pilih yuk!