in ,

Biseang Labboro, Surga Tersembunyi di Pedalaman Maros

CakapCakap – Menikmati Sulawesi belum lengkap kalau kalian belum menikmati wisata alamnya, salah satunya yang bisa dijadikan referensi adalah BisLab atau Biseang Labboro. Biseang Labboro adalah tempat wisata alam yang lengkap, biasanya dijadikan tempat untuk berkemah, panjat tebung, maupun susur gua, Cakap People. Lokasi obyek wisata alam ini berada sekitar 5 kilometer sebelah timur Taman Nasional Bantimurung. Karena masih tergolong pelosok, maka petunjuk arah ke area ini masih sangat minim, dan kalian bisa bertanya ke warga sekitar di daerah Camba.

Keindahan Sungai di Biseang Labboro
https://4.bp.blogspot.com/-WwHtESTEHmg/VP0oHoe633I/AAAAAAAADxg/mW5c0N0M86o/s1600/Sungi%2BDi%2BBislab.JPG

Sepanjang jalan menuju are Biseang Labboro, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu sangat alami. Salah satu yang menarik adalah bekas konservasi kupu-kupu yang sudah tidak terrawat, tetapi malah berkesan alami. Apalagi dengan suara gemericik air yang mengalir di sungai Pattunuang, akan membuat suasana menjadi semakin rileks.

Berdasarkan sejarah, Biseang Labboro ternyata menyimpan cerita dongeng lokal yang tidak diketahui kebenarannya. Di area tersebut ada 2 batu besar yang berada di tengah-tengah jalur perjalanan, dan di tengah aliran sungai. Batu yang sekilar menyerupai bentuk perahu inilah yang dikenal dengan nama Biseang Labboro, atau berarti perahu yang membatu atau perahu yang terdampar. Cerita dibalik batu tersebut adalah bermula dari hubungan saudagar China dengan gadis Semanggi waktu lampau. Karena merasa ditolak ketika melamar, maka saudagar tersebut mengkaramkan perahunya, dan akhirnya berubah menjadi batu. Batu ini yang sekarang dikenal masyarakat dengan Biseang Labboro.

Keindahan Gua di Biseang Labboro
https://statik.tempo.co/data/2014/01/25/id_257854/257854_620.jpg

Ketika kalian memasuki jalur-jalur setapak, kalian akan menemui beberapa gua kuno yang masih sangat asri. Walaupun guanya masih tergolong kecil, Gua Pattunuang dianggap memiliki kedalaman yang cukup bagi pemula yang ingin melakukan susur gua. Keindahan didalamnya sudah tidak perlu ditanyakan lagi, karena ada kombinasi ornamen stalaktit dan stalakmit yang mempesona, dan memancarkan sinar ketika ada cahaya masuk dari senter pengunjung.

Nah, Cakap People, itulah cerita singkat tentang Biseang Labboro. Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan paket wisata alam lengkap, mulai dari susur gua, panjat tebing, menyaksikan kupu-kupu, dan lainnya; mengunjungi Biseang Labboro adalah hal yang tepat.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Latihan Workout 30 Menit Ini Bisa Jadi Pilihan Olahraga Bagi Si Sibuk!

Tak Lazim! 7 Makanan Ini Diprediksi Jadi Pengganti Nasi di Masa Depan