in ,

Bangga! Universitas Tersohor Dunia ini Buka Prodi Bahasa Indonesia

Cakapcakap – Tahukah kamu jika bahasa Indonesia dijadikan mata kuliah bahkan menjadi program khusus disejumlah universitas dunia? Mulai dari Tokyo University, Yale University, Hankuk University, University of Shouthern Queensland, dan masih banyak lagi. Bahkan, menurut tabloiddiploma.org, bahasa Indonesia menjadi bahasa terpopuler keempat di Australia. Wow!

Nah, baru-baru ini Badan Bahasa Republik Indonesia merilis berita bahwa salah satu universitas terkenal di dunia berencana membuka program studi bahasa Indonesia. Universitas tersebut adalah Universitas Al-Azhar, yang terletak di Kairo, Mesir. Pembahasan mengenai dibukanya program studi ini dirilis setelah kunjungan dari Dekan Fakultas Bahasa dan Terjemah Universitas Al-Azhar ke Badan Bahasa pada hari Rabu, 6 Februari 2019.

Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. (pixabay.com/jonramlan)
https://pixabay.com/en/egypt-country-university-al-azhar-3574221/

Tentu saja hal ini salah satu upaya untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009. Menurut Badan Bahasa, bahasa Indonesia sudah tersebar di empat puluh negara dan terdapat 250 lembaga yang menyelenggarakan kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Salah satunya adalah di Mesir, yang termasuk sebagai salah satu negara penerima pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) terbanyak.

Setelah pertemuan tersebut, diharapkan prodi bahasa Indonesia dapat segera terbentuk dan semakin banyak yang berminat mempelajari bahasa Indonesia. Pernyataan tersebut juga didukung oleh Rektor Universitas Al-Azhar, terkait tingginya minat masyarakat Mesir mempelajari bahasa dan kebudayaan Indonesia. Setelah program studi resmi terbentuk, akan diadakan pengiriman guru BIPA yang akan melibatkan Kemenristekdikti dan Kemenag.

Pengajar BIPA. (http://badanbahasa.kemdikbud.go.id)
http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/bipa_1.jpg?1520561684

Guru BIPA yang dikirim ke Mesir yang disarankan adalah lulusan-lulusan universitas-universitas Islam yang memahami dasar pengetahuan agama dengan kuat serta kreatif sehingga proses belajar mengajar akan semakin menarik. Selain itu, universitas Islam di Indonesia juga akan mendatangkan pengajar dari Mesir yang secara tidak langsung akan membantu perkembangan bahasa Indonesia di Mesir. Membanggakan ya!

Cakap People, jika kamu juga tertarik untuk jadi pengajar BIPA, sering-seringlah membuka website atau media sosial Badan Bahasa. Saat ini, Badan Bahasa sedang membuka lowongan pengajar BIPA selain di Mesir, lho. Persyaratannya dapat kamu lihat langsung di website Badan Bahasa. Kalau masyarakat luar negeri saja bangga mempelajari bahasa Indonesia, seharusnya begitu pun kita, bangsa Indonesia, sebagai pemiliknya!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Alternatif Olahraga Ini Turunkan Berat Badan Lebih Cepat, Apa Saja?

4 Penyebab Keguguran yang Wajib Diketahui, Perhatikan Baik-baik ya!