in

5 Cara Mudah Kenali Online Shop Abal-abal, Agar Tak Tertipu!

CakapCakap – Kita masuk di era yang makin hari semakin bertambah tingkat kecanggihannya. Bahkan, zaman sekarang ini menghadirkan aneka tingkat kepraktisan yang tinggi. Sehingga kita selaku manusia modern kian terbantu dengan aneka hal-hal praktis tersebut. Salah satunya dengan diadakannya online shop Cakap People. Pasti kamu salah satu penikmat online shop bukan? Online shop memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas belanja dengan lebih mudah, praktis dan cepat.

Sehingga kita tak perlu jauh-jauh harus pergi ke toko sendiri serta memilih barang belanjaan. Berbekal berselancar di online shop, seseorang bisa menemukan barang-barang yang ia inginkan. Hanya sekali klik, maka barang siap dikirim. Namun sayangnya tak semua online shop bisa terpercaya. Ada beberapa toko online yang menggunakan online shop sebagai kedok untuk menipu. Oleh karena itu, kamu perlu memahamai 5 cara mudah mengenali online shop abal-abal. Berikut caranya selain menggunakan fasilitas e-commerce yang terpercaya!

1. Lihat testimoni

Pastikan testimoni sebelum belanja online via Goodnewsfromindonesia.id

Berikut merupakan hal wajib yang perlu kamu tinjau pada online shop. Testimoni berwujud bukti transfer ini dapat kamu jadikan sebagai acuan guna memperkirakan akankah online shop tersebut benar adanya atau sekedar menipu. Umumnya, online shop tipuan akan melakukan sensor pada rekening pemiliknya. Hal tersebut guna menyamarkan tindakan penipuan yang ia lakukan agar tak terdeteksi oleh pihak berwajib.

2. Harga terlampau murah

Selidiki harga murah via Blog.jakmall.com

Orang berjualan umumnya untuk mendapatkan keuntungan. Sehingga, harga yang mereka tetapkan pun pasti cukup masuk akal guna membandingkan laba dan harga pokok penjualan. Nah, perlu kamu ketahui jika toko online abal-abalumumnya akan mematok harga di luar akal, bahkan lebih rendah dari harga pasaran. Oleh karena itu, kamu perlu waspada dari segi harga. Jangan mudah tergiur dengan adanya harga murah yang ditawarkan.

3. Mematikan kolom komentar

Kolom komentar akun jualan media sosial dimatikan via Review.bukalapak.com

Sebelum memastikan hendak membeli barang dari toko online tertentu, maka kamu wajib mengecek beberapa historinya di akun media sosial miliknya. Salah satunya dengan menelusuri kolom komentar. Kamu perlu curiga dengan toko online yang mematikan kolom komentarnya atau tak menanggapi sama sekali komentar yang ada. Apabila terdapat komentar yang memuji atau menyanjung toko online tersebut, maka bisa saja memang online shop tersebut terpercaya. Tetapi jika sebaliknya, maka kamu perlu waspada.

4. Tak ada layanan COD

Enggan melakukan COD via Ohmyindia.com

Memang tidak semua online shop melakukan layanan Cash On Delivery. Namun, jika dirasa lokasi toko online tersebut dekat maka bukan hal mustahil  untuk melakukan layanan tersebut. Oleh karena itu, kamu dapat melihatnya dari segi layanan ini juga.

5. Menandai foto

Tag foto dari pelanggan via Katadata.co.id

Biasanya, para konsumen yang sudah pernah memesan barang dari online shop tersebut akan manandai foto sebagai bentuk testimoni mereka. Alhasil, kamu dapat menjadikan hal tersebut sebagai acuan guna memperkirakan akankah toko online tersebut sungguhan atau hanya fiktif belaka. Kamu dapat melihat tag foto tersebut di akun media sosial dari online shop yang bersangkutan. Apabila sama sekali tak ada tag foto yang dimiliki, maka kamu patut melayangkan kecurigaan.

Sudah cukup membantu Cakap People? beberapa cara mudah di atas bisa membantu kamu dalam menganalisa jenis online shop yang abal-abal atau palsu serta yang tidak. Mungkin bagi kamu yang berpengalaman akan mudah saja dalam memastikannya. Tetapi, jika kamu masih awam dengan transaksi jual beli online maka dapat menyimak pemaparan di atas.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Keren! Teknologi Baru Honda Mampu Kurangi Kecelakaan Mobil

Kenalkan! I. D. Buzz Cargo, Minibus Listrik Produksi VW