in

Inilah 10 Hewan Tercerdas di Dunia, Ada Tikus hingga Merpati

Hewan apa saja yang dimaksud?

CakapCakapCakap People! Hewan apa saja yang masuk dalam daftar tercerdas di dunia? Meski kita cenderung percaya bahwa manusia adalah puncak kecerdasan, sebenarnya banyak spesies hewan di dunia ini yang menunjukkan keterampilan pemecahan masalah, kecerdasan emosional, dan kesadaran diri yang menakjubkan. Kemampuan kognitif mereka memang sering kali mengejutkan kita.

Dengan kemampuan kognitif mereka yang menakjubkan, penting bagi kita untuk memahami dan melindungi mereka. Jadi, apa saja hewan tercerdas di dunia? Berikut 10 di antaranya seperti yang telah dilansir dari How Stuff Works dan Science Focus.

1. Simpanse

Inilah 10 Hewan Tercerdas di Dunia, Ada Tikus hingga Merpati
Simpanse menggendong anak musang [Foto: BBC World]

Kemampuan intelektual yang mengesankan dari hewan ini telah lama membuat manusia terpesona, mengingat 98,7 persen DNA mereka sama dengan manusia. Simpanse mampu mempelajari bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan manusia dan bisa mengingat isyarat nama individu yang sudah beberapa tahun tidak mereka lihat.

Simpanse juga bisa mengenali diri mereka sendiri di cermin dan menunjukkan tanda-tanda kepedulian. Ciri yang paling menakjubkan dari simpanse adalah kemampuannya menggunakan simbol-simbol untuk objek dan menggabungkan simbol-simbol tersebut secara berurutan untuk menyampaikan gagasan yang kompleks.

2. Lumba-Lumba

Lumba-lumba (floradanfauna.com)

Lumba-lumba adalah pembelajar cepat yang bisa meniru perilaku manusia, memecahkan masalah, mengajar orang lain, dan menunjukkan kesadaran diri. Baik paus maupun lumba-lumba memiliki otak yang lebih besar daripada manusia dan mereka memiliki kemampuan untuk menemukan lokasi objek melalui suara dengan ekolokasi.

Otak lumba-lumba empat hingga lima kali lebih besar dari ukuran tubuhnya. Mereka bisa mengenali diri mereka sendiri di cermin dan memahami serta mengikuti instruksi. Mereka juga memiliki sonar yang tertanam dalam DNA mereka.

3. Orangutan

Orangutan

Orangutan memiliki budaya dan sistem komunikasi yang kuat. Dalam sebuah penelitian, orangutan dewasa memiliki kinerja lebih baik dibandingkan anak-anak manusia dalam membuat dan menggunakan peralatan.

Hewan cerdas ini hidup dalam komunitas yang tersebar luas dan membentuk ikatan sosial yang kuat, yang menjadi kunci keterampilan kognitif tingkat lanjut mereka. Orangutan betina tinggal bersama anak-anaknya selama bertahun-tahun, mengajari mereka semua yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup di hutan.

Sayangnya, populasi orangutan di dunia hanya tersisa 100 ribu ekor yang membuat hewan ini harus kita lindungi.

4. Gajah

Gajah

Gajah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan juga memiliki ingatan yang baik. Bahkan, mereka bisa mengenali hingga 30 kerabat dari aroma urine mereka, yang berguna bagi gajah untuk melacak satu sama lain. Gajah juga sangat peduli dan berempati terhadap anggota kelompoknya dan spesies lain, yang dianggap sebagai bentuk kecerdasan yang sangat maju.

Gajah memiliki otak terbesar di antara hewan darat, tiga kali lebih besar dari otak manusia dengan berat 4,7 kilogram untuk orang dewasa. Otaknya mengandung 257 miliar neuron, yang juga tiga kali lebih banyak dari rata-rata otak manusia. Gajah bisa mengenali dirinya sendiri di cermin dan menunjukkan tanda-tanda kesedihan atas kematian kerabatnya.

5. Gagak

Inilah 10 Hewan Tercerdas di Dunia, Ada Tikus hingga Merpati
Burung Gagak [Mirror/Standard]

Gagak telah menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi manusia dan hewan yang mungkin menimbulkan ancaman, serta memahami analoginya. Sebuah penelitian bahkan membandingkan daya nalar mereka dengan anak manusia berusia 7 tahun.

Burung gagak belajar dengan cepat dan penelitian menunjukkan bahwa gagak berusia empat bulan bisa sama cerdasnya dengan kera dewasa. Eksperimen juga menunjukkan bahwa gagak bisa merencanakan masa depan dengan alat yang telah diajarkan manusia untuk digunakan.

6. Merpati

Burung Merpati [Foto: Reuters]

Karena merpati telah menjadi subjek eksperimen ilmiah yang tak terhitung jumlahnya, terdapat banyak sekali pengetahuan tentang kemampuan intelektual mereka. Misalnya, merpati bisa mengenali ratusan gambar bahkan setelah beberapa tahun berlalu. Mereka juga bisa mengidentifikasi diri mereka di cermin dan membedakan dua lukisan.

FYI, dulu merpati digunakan sebagai pembawa pesan penting selama Perang Dunia. Bahkan, beberapa merpati juga dilengkapi dengan kamera kecil untuk mengumpulkan informasi musuh pada saat itu.

7. Gurita

Inilah 10 Hewan Tercerdas di Dunia, Ada Tikus hingga Merpati
Gurita [Dok: Jakarta Aquarium/Gurita]

Otak gurita secara proporsional sama besarnya dengan otak beberapa mamalia, tapi hewan ini menunjukkan tingkat organisasi yang tinggi, yang membantunya menangkap mangsa dan menghindari predator. Meskipun sistem sarafnya mencakup otak pusat, sekitar 3/5 saraf gurita tersebar di delapan lengannya yang berfungsi sebagai delapan otak mini. Tidak heran jika gurita termasuk dalam hewan tercerdas di dunia.

Gurita juga menunjukkan kecerdasan yang sama ketika dibawa ke laboratorium sains. Para peneliti memastikan bahwa gurita bisa mengenali manusia secara individu meskipun mereka mengenakan seragam yang sama.

8. Tikus

Dalam budaya China, tikus sangat dihormati karena kecerdikannya. Selain itu, tikus merupakan salah satu hewan yang berhasil menjelajah setiap benua di Bumi kecuali Antartika.

Banyak digunakan dalam penelitian, tikus laboratorium telah diketahui menemukan jalan pintas, celah, dan jalan keluar dalam eksperimen laboratorium yang dirancang oleh para pemikir ilmiah terkemuka di zaman kita. Faktanya, tikus yang sangat terlatih telah menyelamatkan ribuan nyawa dengan mendeteksi tuberkulosis (TB) pada manusia dan mengendus ranjau darat di seluruh dunia.

9. Lebah

Lebah dijuluki sebagai serangga terpintar di dunia karena beberapa alasan. Hewan ini bisa memecahkan teka-teki dan memiliki keterampilan navigasi yang luar biasa. Sebuah eksperimen menemukan bahwa lebah menentukan rute optimal menuju bunga dengan kunjungan berulang kali, sehingga secara signifikan mengurangi waktu yang dibutuhkan lebah untuk sampai ke sana.

Eksperimen lain menemukan bahwa lebah menciptakan gambaran mental objek seperti yang dilakukan manusia dan bisa mengirimkan pengenalan objek melalui indra mereka. Misalnya, mereka bisa mengidentifikasi objek dalam kegelapan dengan sentuhan jika mereka pernah melihat objek tersebut sebelumnya.

10. Anjing

Para peneliti menemukan pada tahun 2017 anjing memiliki jumlah neuron dua kali lebih banyak di korteks serebralnya dibandingkan kucing, yang seharusnya memberi mereka keuntungan kognitif dan mengonfirmasi laporan anekdot bahwa anjing lebih mudah dilatih. Anjing juga memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah sederhana seperti menemukan jalan untuk mendapatkan makanan atau bermain dengan mainan yang rumit.

Selain itu, anjing memiliki kecerdasan emosional yang tinggi.

Klik DI SINI untuk meneruskan membaca, Cakap People!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Resep Chicken Nugget Rumahan yang Sehat Ala Chef Devina Hermawan

Resep Chicken Nugget Rumahan yang Sehat Ala Chef Devina Hermawan

4 Manfaat Jahe untuk Kecantikan Kulit, Anti-aging hingga Hilangkan Bekas Luka Bakar

4 Manfaat Jahe untuk Kecantikan Kulit, Anti-aging hingga Hilangkan Bekas Luka Bakar