in

Ini Daftar 5 Negara yang Dinilai Paling Berpendidikan di Dunia, Ada Korea Selatan!

Pendidikan adalah pondasi bagi kemajuan suatu bangsa

CakapCakap Cakap People! Ada beberapa negara yang dinilai paling berpendidikan di dunia, mana sajakah itu? Pendidikan adalah pondasi bagi kemajuan suatu bangsa. Negara-negara yang berinvestasi dalam pendidikan cenderung melihat pertumbuhan ekonomi yang stabil, inovasi yang berkelanjutan, dan masyarakat yang terdidik secara luas.

Dalam hal ini, beberapa negara dipandang mampu memimpin pendidikan global dengan tingkat literasi dan akses pendidikan yang luar biasa. Dengan begitu, sistem pendidikan yang berkualitas akan mengarahkan suatu negara kepada bangsa yang berpendidikan.

Di samping sistem pendidikannya, terdapat cara lain untuk melihat sejauh mana bangsa dari sebuah negara dapat dikatakan berpendidikan, yaitu dengan melihat persentase tingkat lulusan pendidikan yang ada.

Ini Daftar 5 Negara yang Dinilai Paling Berpendidikan di Dunia, Ada Korea Selatan!
Ilustrasi

Dilansir dari World Population Review, tingkat pendidikan suatu negara biasanya terbagi menjadi tiga, yaitu TK hingga sekolah menengah, lulusan sekolah menengah, dan lulusan pendidikan tinggi.

Jika dilihat dari persentase lulusan pendidikan tinggi dan sistem yang dijalankan, berikut adalah lima negara yang dianggap paling berpendidikan.

1. Korea Selatan – 69%

Negara ini telah menjadi ikon dalam bidang pendidikan. Dikenal dengan tekanan yang tinggi pada pendidikan, Korea Selatan memiliki salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia. Standar akademis yang ketat, budaya belajar yang kuat, dan komitmen terhadap inovasi telah membawa Korea Selatan menduduki peringkat atas dalam tes internasional seperti PISA (Program for International Student Assessment).

2. Kanada – 66%

Kanada dikenal karena pendekatannya yang inklusif dan beragam terhadap pendidikan. Dengan investasi besar dalam pendidikan tinggi dan dukungan yang kuat bagi siswa dari latar belakang yang beragam, Kanada telah berhasil menciptakan lingkungan pendidikan yang mempromosikan kreativitas dan pemikiran kritis.

Selain itu, Kanada juga terkenal karena universitas yang berkualitas tinggi dan program-program penelitian yang inovatif.

3. Jepang – 65%

Sistem pendidikan Jepang telah lama diakui karena fokusnya pada disiplin, kerja keras, dan etos belajar yang kuat. Dengan kurikulum yang ketat dan penekanan pada nilai-nilai seperti kerja sama dan tanggung jawab, Jepang telah menciptakan generasi-generasi siswa yang terampil dan kompetitif secara global. Selain itu, Jepang juga dikenal dengan inovasi dalam pendidikan teknis dan kejuruan.

4. Irlandia – 63%

Negara ini telah mencatat kemajuan yang signifikan dalam bidang pendidikan dalam beberapa dekade terakhir. Dengan investasi yang besar dalam pendidikan tinggi dan penekanan pada inovasi dan kreativitas, Irlandia telah menjadi destinasi populer bagi siswa internasional yang mencari pendidikan berkualitas. Selain itu, Irlandia juga terkenal karena pendekatannya yang inklusif terhadap pendidikan anak-anak dengan kebutuhan khusus.

5. Luksemburg – 63%

Meskipun memiliki populasi yang kecil, Luksemburg memiliki sistem pendidikan yang sangat maju dan berkualitas. Negara ini menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama dan mengalokasikan sumber daya yang signifikan untuk memastikan akses pendidikan yang merata dan berkualitas bagi semua warga negaranya. Dengan lingkungan pendidikan multibahasa dan multikultural, Luksemburg memberikan pengalaman belajar yang unik bagi siswa-siswa internasional.

Meskipun masing-masing dari lima negara ini memiliki pendekatan yang unik terhadap pendidikan, mereka semua berbagi komitmen yang kuat terhadap pembelajaran dan inovasi. Keberhasilan mereka dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan berkualitas telah menjadikan mereka contoh bagi negara-negara lain yang ingin meningkatkan sistem pendidikan mereka.

Tidak hanya itu, persentase jumlah lulusan pendidikan tinggi yang cukup besar juga menunjukkan adanya komitmen bangsa dari negara–negara tersebut untuk mengenyam pendidikan yang setinggi-tingginya.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Gejala Awal Penyakit Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai

Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Gejala Awal Penyakit Usus Buntu yang Perlu Diwaspadai

Resep Gulai Kambing Padang yang Empuk dan Gurihnya Agak Pedas, Wajib Coba!

Resep Gulai Kambing Padang yang Empuk dan Gurihnya Agak Pedas, Wajib Coba!