in

Yuk, Latihan Bahasa Inggris Pakai Game Rancangan Mahasiswa ITS Ini!

Saat ini perkembangan teknologi memang cukup pesat. Terlihat dari beragam kreativitas yang muncul melalui perantara teknologi. Misalnya saja kini game sudah dapat dengan mudah diakses. Bahkan anak-anak di bawah umur pun sudah dapat memainkan permainan pada gadget saat ini.

Tetapi sayangnya untuk sarana edukasi terbilang cukup kurang. Perkembangan teknologi memang mengarah ke tujuan yang positif jika dapat dikondisikan. Namun media edukasi atau sarana pembelajaran bagi para penggunanya belum berkembang dengan baik. Tampaknya hal itulah yang melatarbelakangi mahasiswa ITS untuk menciptakan sebuah gebrakan baru dalam dunia teknologi dengan menyediakan media edukasi yang menarik serta lebih inovatif.

game buatan mahasiswa ITS via tagar.id

Mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh November atau ITS telah melahirkan sebuah inovasi dalam media pembelajaran. Firman Maulana, seorang mahasiswa dari Departemen Teknik Informastika, Ilham Cahya Suherman berasal dari Departemen Sistem Informasi serta Diah Rachmawati berasal dari Desain Komunikasi Visual (DKV) yang bernaung di bawah Departemen Desain Produk Industri (Despro)

Ketiga mahasiswa tersebut merancang suatu game yang sangat berguna bagi masyarakat umum. Sebab dapat melatih serta meningkatkan skill berbahasa inggris. Media ini cukup cocok digunakan bagi anak-anak yang sedang hobi sekali dengan yang namanya game. Permainan tersebut bernama Words War, yang mana di dalamnya disertai oleh teknologi speech recognizition sebagai pemecahan masalah.

Sebenarnya, speech recognizition merupakan sebuah teknologi yang dipergunakan guna mengkonversi sinyal akustik atau suara menggunakan mikrofon. Hal tersebut sebagai bentuk dari perintah guna mengoperasikan komputer dengan jalan otomatis. Ilham juga menambahkan, jika para pemain hanya perlu menggunakan suara ataupun ucapan guna mengontrol dan mengendalikan jalannya permainan tersebut. Namun SR hanya mampu dioperasikan menggunakan Windows 10.

game besutan 3 mahasiswa ITS via siedoo.com

Permainan di dalamnya juga cukup seru dan asyik. Sebab game ini memiliki genre shooter. Sehingga pemain akan mengalahkan para musuhnya menggunakan tembak-menembak. Pelaku penembakan disimulasikan sebagai kucing beserta pesawatnya, sementara yang menjadi sasaran untuk ditembak ialah monster.

Di dalam permainan ini terdapat batas area yang dimiliki oleh si kucing, yakni di bagian bawah, tengah serta atas. Pada 3 posisi tersebut terdapat kalimat atau kata berbahasa inggris. Apabila pemain ingin memindahkan posisi kucing, maka pemain wajib mengucapkan kalimat maupun kata menggunakan bahasa inggris pada posisi tersebut.

Saat hendak menembak pun pemain juga harus melontarkan kata ataupun kalimat yang tersedia. Sebab terdapat fungsi tembakan yang mengarah tepat pada sasaran. Permainan ini memiliki 7 level yang masing-masing level mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda. Terlebih dalam membaca  kata berbahasa inggris tersebut, sebab harus cepat dan tepat. Wah, menantang ya!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Rutin Konsumsi Jus Mentimun Bikin Perut Buncit Jadi Kempis

Teknologi Canggih Ini Hanya Perlu Laser untuk Recharge Smartphone Kamu