in

Wah! Planet dari Gas Baru Saja Ditemukan di Luar Tata Surya

CakapCakap – Ilmu astronomi terus mengalami perkembangan, meski pengetahuan ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Para ilmuwan memang masih terus melakukan berbagai penelitian untuk mempelajari tentang kehidupan tata surya, seiring dengan keingintahuan manusia yang sangat luar biasa. Cakap People sendiri pasti juga selalu merasa ingin tahu tentang luar angkasa, seperti yang dirasakan olah para ilmuwan tersebut, sehingga bisa menemukan banyak fakta-fakta yang terbaru.

Nah, belum lama ini dilaporkan bahwa salah seorang astronom dari Columbia University berhasil menemukan sebuah planet baru yang dengan wujud gas. Menurut laman Republika.co.id, astronom bernama David Kipping itu menemukan planet besar yang wujudnya dipenuhi gas, namun mengorbit di luar tata surya, disebut Exomoon. Ukurannya bahkan jauh lebih besar dibandingkan planet Jupiter. “Ini besar dan aneh menurut standar tata surya,” ucap Kipping juga berstatus profesor astronomi itu.

Ilustrasi para astronom yang sedang melakukan observasi terhadap tata surya via https://4.bp.blogspot.com/-tK_OwFqLMIY/WBqX3AjbXEI/AAAAAAAAATE/MAMbG4FM-cYglsbTklS1M19yyv9bs0xGACLcB/s1600/astromon.jpg

Menurut Kipiing, penemuan planet itu sendiri bisa menjadi petunjuk baru untuk mengetahui planet-planet lainnya yang mengorbit di luar tata surya. Apalagi jaraknya diketahui mencapai 8 ribu tahun cahaya dari bumi. Namun, memang masih diperlukan penelitian lebih lanjut oleh manusia untuk mengetahui berbagai sistem tata surya yang ada di luar angkasa. Masih dijelaskannya lagi, seluruh planet yang berada dalam tata surya tempat bumi mengorbit berwujud benda berbatu yang dingin.

Sebelumnya, pada Juni 2018, laman Kompas.com juga melaporkan adanya penemuan planet baru oleh ilmuwan asal India, astronom Abhijit Chakraborty dari Physical Research Laboratory (PRL). Planet itu juga berada di luar tata surya, atau disebut exoplanet, yang mengorbit pada bintang mirip matahari dengan jarak tujuh kali lebih dekat, sehingga satu tahunnya hanya berlangsung sekitar 19,5 hari. Planet berukuran 27 kali lebih besar dari bumi itu berjarak sekitar 66 tahun cahaya dari bumi.

Penemuan exoplanet sendiri memang sering terjadi dalam dunia astronomi, di mana hingga saat ini sudah ada sekitar 3.786 exoplanet yang telah terkonfirmasi keberadaannya. Bukan tidak mungkin ke depannya masih banyak lagi planet lain di luar tata surya yang ditemukan. Keren kan, Cakap People!  [ED/YN]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mau Sekolah Coding Gratis Taraf Internasional? Di Sini Tempatnya

Siap Bersaing! HP Luncurkan Laptop Berharga Murah