in ,

Voxan Wattman Ingin Jadi Sepeda Motor Listrik Tercepat di Dunia, Seperti Apa?

CakapCakap – Saat ini semakin banyak pabrikan yang mencoba mengembangkan produk sepeda motor listrik. Cakap People para penggemar otomotif pun tentu mengikuti soal tren kendaraan elektrik ini. Namun, banyak orang yang terkadang memandang sebelah mata performa sepeda motor listrik. Makanya, perusahaan otomotif asal Prancis, Voxan pun berambisi untuk menciptakan sepeda motor listrik tercepat di dunia melalui produk terbaru ciptaan mereka, Voxan Wattman.

Voxan Wattman siap memecahkan rekor sebagai sepeda motor listrik tercepat di dunia. Via insideevs.com

Voxan dikabarkan akan kembali dan berencana untuk menguji sepeda motor listrik Voaxn Wattman dengan tenaga 20 Tk dan torsi mencapai 200 Nm itu pada tahun 2020 mendatang, seperti dilaporkan oleh laman Liputan6.com. Pengendaranya pun tak tanggung-tanggung, mantan pembalap kawakan MotoGP dan 2 kali juara dunia World Superbike (WSBK), Max Biaggi. Pemecahan rekor sepeda motor listrik tercepat ini akan dilakukan di Uyuni Salt Flat, Bolivia, dengan catatan harus mampu melewati kecepatan 549,4 km/jam yang sudah pernah dicatatkan oleh Buckeye Bulle pada tahun 2016 lalu.

Voxan Wattman sendiri punya modal dengan desain aerodinamis dan dapur pacu performa tinggi. Apalagi, pabrikan ini juga memiliki waktu pengembangan yang cukup lama. Voxan sendiri sudah mengumumkan rencana pengembangan sepeda motor listrik tercepat di dunia ini sejak tahun 2013, setelah perusahaan yang berdiri pada tahun 1995 itu sempat ditutup pada tahun 2009 silam. Dengan modal tersebut, ditambah Max Biaggi di belakang kemudian, maka bisa saja target mereka tercapai.

Voxan Wattman diklaim memiliki kecepatan maksimum hingga 170 kpj, dan melesat dari 0 hingga 100 kpj dalam 3,4 detik. Via newatlas.com

Voxan pertama kali memperkenalkan sepeda motor listrik Voxan Wattman dalam ajang Salon de la Motor Show di kota Paris, Prancis pada bulan Desember 2013 silam. Ketika itu, dijelaskan sepeda motor listrik yang dirancang di Monaco ini mampu menghasilkan tenaga 200 PS dan torsi 200,3 Nm, sehingga diklaim paling dahsyat di dunia. Voxan Wattman disebut memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya kecepatan maksimum hingga 170 kpj, dan melesat dari 0 hingga 100 kpj dalam 3,4 detik.

Menariknya, bodi sepeda motor ini malah terbilang bongsor dengan bobot yang mencapai 350 kg. Besarnya tubuh Voxan Wattman ini dikarenakan susunan baterai lithium-ion 12,8 kWh yang cukup banyak. Tidak mengherankan bila Voxan Wattman sanggup menempuh jarak maksimum 180 km. Nah, keren kan, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ternyata Ini loh Cara Aman Mengisi Baterai Ponsel, Anti Meledak!

3 Tempat di Indonesia Ini Pernah Tertutup Salju loh, Mana Saja?