in ,

Ternyata Zumba Bisa Bantu Lawan Kanker, Begini Caranya!

CakapCakap – Kanker telah menjadi salah satu penyakit tidak menularkan yang sangat mematikan di dunia saat ini. Kasus penyakit kanker pun terus meningkat, termasuk juga di Indonesia. Cakap People pun tentu pernah menemukan orang-orang yang meninggal karena menderita berbagai jenis kanker. Banyak tak tahu, ternyata senam zumba bisa membantu melawan kanker. Pasalnya, bagian penting mengatasi diagnosis kanker adalah mengenali emosi dan perasaan yang bisa dilakukan lewat zumba.

Senam zumba bisa membantu melawan kanker. Via tampilcantik.com

Anggota instruktur zumba dari komunitas Zumba Instructor Network (ZIN), Dian Kartika menyebut, sangat penting bagi penderita kanker untuk berpandangan positif tentang kondisi mereka, seperti dilaporkan laman BeritaSatu.com. Selain itu, mempertahankan gaya hidup aktif, sosial dan sehat akan sangat membantu mengatasi stres dan kelelahan selama menderita kanker tersebut. “Kegiatan kelompok seperti senam zumba dapat menjadi pilihan bagus bagi pasien kanker untuk tak hanya tetap bugar dan sehat, tapi juga menjalin hubungan positif dengan anggota kelas zumba lain” ungkap Dian.

Seperti pada populasi klinis lain, menurut Dian, perilaku gaya hidup sehat seperti mengontrol berat badan, diet sehat dan olahraga teratur berpotensi untuk secara signifikan mengurangi morbiditas dan mortalitas pada pengidap kanker. Selain itu, kelas zumba yang berbasis komunitas juga berperan seperti kelompok pendukung untuk membantu mengurangi tekanan dan emosi. “Berolahraga dapat meningkatkan sirkulasi oksigen dan membantu melepaskan hormon endorphin dalam tubuh. Untuk penderita kanker, hormon ini berperan mengurangi efek samping dari proses pengobatan,” ujarnya.

Zumba bermanfaat untuk membuat mood lebih baik dan mencegah stres, sangat penting bagi penderita kanker. Via kawaiibeautyjapan.com

Zumba memang diketahui sangat bermanfaat untuk membuat mood lebih baik dan mencegah stres, seperti yang dimuat di laman DokterSehat.com. Oleh karena senam zumba menggabungkan antara musik dan tarian, maka aktivitas ini akan sangat menyenangkan untuk dilakukan. Menari diiringi oleh musik bisa membuat kondisi hati menjadi lebih baik. Olahraga yang menyenangkan akan membuat seseorang terus bersemangat untuk melakukannya. Selain membuat kondisi hati menjadi lebih baik, senam zumba juga dapat mencegah stres, karena gerakan diiringi musik yang membuat semangat.

Tak hanya itu, senam zumba juga dipercaya dapat meningkatkan ketahanan tubuh secara signifikan, karena menjaga sistem pernapasan bekerja lebih baik. Silahkan coba senam zumba, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Merantau, Menepis Gengsi Berjualan Ikan di Pasar, Demi Melanjutkan Kuliah dan Hidup Mulia

Pakai Kursi Roda, Kisah Sumaiyah Driver GrabFood Difabel Ini Membuat Haru