in ,

Sering Dialami, Mengapa Kita Bisa Cegukan?

CakapCakap – Apakah Cakap People pernah cegukan? Semua orang tentu pernah mengalami yang namanya cegukan ya. Meski tidak berbahaya, namun cegukan menjadi hal yang cukup menjengkelkan. Cegukan bisa muncul beberapa saat dan muncul sesaat setelah kita menelan minuman terlalu cepat atau ketika makan dengan terburu-buru.

Perlu diketahui, mekanisme cegukan ini dimulai dari diafragma yaitu otot yang terdapat di antara perut dan paru-paru. Saat kita bernapas atau sedang menarik napas, diafragma akan tertarik ke arah bawah dan memungkinkan untuk udara  masuk ke dalam paru-paru. Ketika nafas dihembuskan, diafragma akan kembali rileks sehingga udara dari paru-paru akan keluar melalui hidung serta mulut.

Ilustrasi cegukan via liputan6.com

Ketika kita cegukan, diafragma akan mengejang dan memaksa laring yang berisi pita suara mengalami kontraksi yang pada akhirnya membuat bunyi khas cegukan muncul. Bukan hanya karena makan dan minum yang terburu-buru, cegukan juga bisa dipicu efek obat tertentu, gugup, stres, menelan udara karena mengunyah permen, minum minuman bersoda atau perubahan suhu udara yang mendadak.

Mengatasi cegukan bisa dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan menahan napas atau dengan meniupkan udara ke kantong kertas. Ketika kita melakukan kegiatan ini maka CO2 akan menumpuk ke paru-paru dan membuat diafragma kembali tenang.

Meski ada cegukan yang biasa namun ada pula kssus cegukan yang kronis. Kasus ini bisa terjadi selama berminggu-minggu atau bahkan bertahun-tahun. Jenis gangguan ini adalah jenis penyakit yang jarang terjadi.

Menelan makanan atau minum terburu-buru bisa sebabkan terburu-buru via merdeka.com

Adapun kasus terburuk dari cegukan adalah yang dialami oleh Charles Osborne yang mengalami cegukan selama 68 tahun. Gangguan ini dimulai pada tahun 1922 hingga tahun 1990. Setahun kemudian Charles Osborne meninggal.

Malansir dari IFL Science, jika mengalami cegukan hanya dalam waktu beberapa menit, itu artinya masih dalam kondisi yang normal. Namun jika berjam-berjam bahkan sampai 48 jam tidak sembuh, ada baiknya jika segera memeriksakan diri ke dokter. Karena ditakutkan, ada gejala kesehetan seius yang harus ditangani. Mulai sekarang Cakap People harus tanggap jika memang sesuatu yang tidak biasa bisa pertanda suatu penyakit tertetntu dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

4 Selebriti Ini Terlihat Kembar Padahal Beda Orang Tua, Kok Bisa?

Ternyata Ini Loh Alasan Kenapa Pria Berbohong!