in ,

Perhatikan Hal Ini Agar Jogging Bisa Jadi Kebiasaan Rutin!

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar aktivitas jogging bisa menjadi kebiasaan rutin. Via shutterstock.com

CakapCakap – Banyak orang yang merasa malas untuk berolahraga, mungkin karena alasan terlalu menguras tenaga, atau membutuhkan biaya tambahan untuk peralatan khusus. Seperti para Cakap People yang berolahraga di gym, tentu saja akan mengeluarkan uang. Namun, apabila kamu memilih untuk melakukan jogging, maka bisa menjalaninya dengan santai, serta mudah dan murah. Tetapi, tentu saja dibutuhkan upaya untuk bisa membuat aktivitas jogging tersebut jadi kebiasaan rutin.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar aktivitas jogging bisa menjadi kebiasaan rutin. Via shutterstock.com

Menurut laman Okezone.com, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencoba metode run walk. Cara ini sangat bagus bagi para pelari pemula untuk memulai kebiasaan lari atau jogging. Metode yang dipelopori pelatih lari Jeff Galloway ini bukan berarti berjalan ketika lelah, melainkan beristirahat singkat. Kemudian, perlu pula untuk merencanakan waktu jogging sedemikian rupa agar tidak hanya menjadi wacana semata. Misalnya, dimulai tiga kali dalam seminggu sekitar 20-30 menit.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memilih sepatu yang tepat untuk mencegah terjadi cedera pada kaki, dan kaus kaki yang nyaman, yang bisa menutupi bagian belakang pergelangan kaki di mana tempat sepatu bergesekan dengan kulit. Selanjutnya, agar aktivitas jogging bisa terasa lebih santai dan menyenangkan, kamu juga perlu menjalaninya sambil mendengarkan musik kesukaan, misalnya melalui smartphone. Dengan begitu, aktivitas jogging pun akan menjadi kebiasaan rutin.

Jogging sambil mendengarkan musik kesukaan juga akan terasa lebih menyenangkan. Via wartakesehatan.com

Jogging sendiri bisa memberikan banyak manfaat bagi mereka yang bisa melakukannya secara rutin. Meski disebut dengan olahraga santai, karena hanya lari kecil, namun manfaatnya tak kalah dengan olahraga lari. Dari laman VirtualRun.id, diketahui bahwa jogging bisa bermanfaat untuk menambah stamina tubuh, karena dapat mengembalikan energi di dalam tubuh yang terkuras akibat kelelahan bekerja. Lalu, kulit tubuh bisa lebih cerah, karena toksin racun di tubuh akan keluar dari pori-pori.

Tak hanya itu saja, jogging pun dapat memperkuat tulang manusia, karena kepadatan mineral dalam tulang akan meningkat. Kemudian, jogging juga bisa membantu menyehatkan jantung, karena dapat memperlancar sirkulasi darah dalam jantung. Nah, mulai sekarang Cakap People harus rajin jogging!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kamu Suka Sepedaan? Wajib Baca Tips Bersepeda Jarak Jauh Ini

Penting Diketahui, Ternyata Ini Penyebab Tubuhmu Tidak Tahan Dingin