in ,

Musim Hujan, Pengemudi Mobil Harus Perhatikan Ini Saat Berkendara!

CakapCakap – Berkendara pada musim hujan memang harus ekstra hati-hati. Cara berkendaranya pun tidak bisa disamakan ketika pada musim panas. Pasalnya, jalan raya akan lebih licin, sehingga dapat memicu kecelakaan yang lebih besar. Oleh karena itu, Cakap People harus memperhatikan sejumlah hal saat berkendara pada musim hujan. Ini perlu diperhatikan demi menjaga keselamatan dalam mengemudi, karena tak jarang terjadi kecelakaan saat musim hujan karena hal-hal sepele.

Pengemudi harus memperhatikan sejumlah hal ketika berkendara pada musim hujan. Via tribunnews.com

Seperti dimuat laman Detik.com, pastikan kendaraan dalam kondisi layak jalan sebelum berkendara. Kondisi kendaraan memang jadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, terutama harus diservis secara berkala. Kemudian, perhatikan pula kondisi ban, karena dapat mempengaruhi cengkeraman ketika mengemudi di jalanan yang basah dan licin. Pengendara juga jangan lupa untuk memperhatikan kecepatan, karena harus dikurangi dan selalu menjaga jarak aman antar kendaraan.

Hal yang tidak bisa dianggap sepela juga adalah menjaga emosi pengemudi. Kebanyakan pengemudi sering kali kehilangan fokus di jalan raya karena takut terlambat ketika akan berangkat atau pulang kerja. Selain itu, banyak juga pengemudi yang tidak mau mengalah di jalan raya, yang dapat memicu emosi sehingga berpeluang menyebabkan terjadinya kecelakaan. Terakhir, jangan lupa pula untuk mendaftarkan asuransi mobil untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diduga, terutama saat banjir.

Mengurangi kecepatan dan menjaga jarak aman dengan kendaraan lain sangat penting ketika berkendara di musim hujan. Via tribunnews.com

Ditambahkan pula dari laman Tribunnews.com, kecepatan ideal mengemudi dalam keadaan hujan deras adalah 20-30 km per jam, atau lebih lambat dari berkendara di kondisi normal. Mengemudi dengan lebih lambat juga mengurangi kemungkinan pengemudi untuk mengerem secara mendadak. Fakta lain, menurut penelitian lembaga keselamatan berkendara, Brake, satu dari lima pengemudi kesulitan memperkirakan jarak mobil yang dikendarai dengan kendaraan di depan saat hujan deras.

Dalam situasi berkendara pada musim hujan ini, lampu menjadi andalan para pengemudi. Dengan lampu depan yang cukup terang membuat pengemudi menjadi lebih percaya diri dalam berkendara. Selain lampu depan, lampu sein juga tidak kalah penting. Pastikan lampu sein menyala dengan baik dan gunakan selalu lampu sein saat berbelok atau berpindah jalur. Jangan lupa ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

6 Rekomendasi Restoran Halal Ini Bikin Liburan di Korea Selatan Kian Nyaman

Kreatif Tak Ketulungan, Gaun Seindah Ini Hanya Dibuat dari Limbah Kertas!