in ,

Militer Indonesia Terkuat di Asia Tenggara Hingga Peringkat ke-15 Dunia, Ini Buktinya

CakapCakap – Cakap People, isu mengenai kekuatan militer negara Republik Indonesia sempat menjadi sorotan dalam debat calon presiden pada putaran keempat. Dalam sesi debat tersebut, capres dengan urut nomor 1 menyatakan misinya yakni “pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia apalagi dalam penguasaan teknologi persenjataan dan siber”.

Sementara itu, kandidat nomor 2 yakni Prabowo Subianto memiliki fokus untuk meningkatkan anggaran untuk pertahanan dan keamanan. Prabowo juga menilai jika Indonesia memiliki militer yang masih lemah sehingga penting untuk menaikkan anggaran supaya tidak tertinggal dari negara tetangga.

Tentara. Gambar oleh Pete Linforth dari Pixabay

Militer Indonesia Terkuat se-Asia Tenggara dan Peringkat 15 Dunia

Adalah situs Global Fire Power yang menyediakan peringkat dan analisis mengenai kapasitas militer yang dimiliki 137 negara yang ada di dunia. Situs tersebut mengklaim jika analisis yang dilakukan berdasarkan data pada tahun tahun 2006-2019.

Adapun peringkat ini didasarkan pada kemampuan menciptakan perang entah saat berada di darat, laut ataupun udara dengan jenis senjata konvensional. Situs ini juga memasukkan faktor pendukung lainnya seperti kondisi geografis, keuangan serta sekitar 55 faktor yang lainnya.

Untuk Indonesia sendiri, kabar jika negara ini memiliki kapasitas militer terkuat di Asia Tenggara bukanlah tanpa bukti. Global Fire Power menyebutkan jika RI menduduki peringkat 15 dari 137 negara di dunia.

Dengan populasi Indonesia yang besar yaitu 262.787.403, negara ini cukup kuat jika harus menhadapi situasi darurat. Apalagi 108.620.545 di dalamnya termasuk ke dalam kategori yang dianggap mampu dalam mengangkat senjata perang. Meski jumlah dari personel aktifnya hanya 400.000 jika dihitung dari total keseluruhan dengan personelnya yang tidak aktif yakni 800.000.

Ilustrasi kekuatan militer. Gambar oleh skeeze dari Pixabay

Indonesia diperkuat dengan kendaraan perang darat sejumlah 1.300, 497 artileri, 36 proyektor roket dan tank sebanyak 315 unit. Adapun untuk angkatan udaranya, Indonesia mendapatkan peringkat ke 30 di dunia dengan kekuatan serangat peringkat 11 dan pelatihnya yang berada di posisi 29 dari 137 negara.

Negara Indonesia merupakan negara maritim yang membuatnya memiliki banyak kapal patroli perbatasan sebanyak 139 unit. Indonesia juga memiliki kapal besar dengan jumlah 8 unit serta kapal convettes 24 unit dan perangkat peledak mine warfare.

Gimana nih Cakap People, masih meragukan kekuatan militer tanah air? Nyatanya negara kita ini menjadi negara dengan kekuatan militer terkuat Asia Tenggara dan menduduki peringkat ke-15. Jadi sudah seharusnya kita berbangga dan mengapresiasi para anggota dalam kesatuan militer tanah air yang bertugas menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Genjot Inovasi Anak Muda, Kemristekdikti Cetak 1.200 Startup

Hari Jadi Kelima Belas, Gmail Makin Lengkap dengan 15 Fitur Ini