in ,

Mau Membakar Lemak Lebih Cepat? Coba Deretan Olahraga Ini!

CakapCakap – Olahraga tentu saja menjadi pilihan terbaik dengan banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Cakap People sendiri pastinya paham bahwa olahraga bisa membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Masih banyak lagi fungsi dari olahraga sesuai kegunaannya, salah satunya ada pula olahraga yang tujuannya untuk membakar lemak tubuh. Nah, jika ingin membakar lemak tubuh yang lebih cepat, kamu pun juga bisa mulai mencoba melakukan beberapa jenis olahraga berikut ini.

Ada beberapa jenis olahraga yang mampu membakar lemak tubuh lebih cepat. Via viralnih.com

Menurut laman Suara.com, manfaat olahraga kardio tak hanya sekadar baik bagi kesehatan jantung, tetapi juga mampu membantu membakar lemak secara cepat jika dilakukan secara rutin dan teratur. “Terutama olahraga kardio murni yang mengeluarkan banyak keringat seperti tinju, bersepeda, dan lari,” ungkap Dayna Nienaber. Kemudian, ada pula olahraga Tabata, yang merupakan olahraga durasi pendek dengan intensitas tinggi. Olahraga ini diperkenalkan dr Izumi Tabata, ilmuwan dari Jepang.

Selain itu, untuk membakar lemak lebih cepat, bisa pula mencoba melakukan olahraga High Intensity Interval Training (HIIT). HIIT merupakan jenis olahraga baru yang sedang digandrungi banyak orang saat ini. Olahraga ini sendiri mengedepankan intensitas tinggi yang diselingi dengan istirahat setiap beberapa menit. HIIT pun juga dikenal sebagai latihan aerobik intensitas tinggi dengan interval yang bertujuan menstimulasi pertumbuhan otot alias toning, seperti dimuat di laman WomanTalk.com.

Latihan Tabata HIIT bisa membakar lemak tubuh lebih cepat dengan durasi olahraga hanya 4 menit. Via hindustantimes.com

Nah, sekarang ada pula yang melakukan olahraga Tabata versi ‘improvisasi’ dari HIIT. Jika melakukan latihan HIIT, maka waktu yang dibutuhkan sekitar 20-30 menit per sesi. Sedangkan untuk Tabata HIIT hanya membutuhkan waktu olahraga empat menit saja, di luar waktu pemanasan dan pendingingan. Umumnya latihan ini terbagi jadi delapan set, dengan setiap set berlangsung selama 30 detik saja, di mana 20 detik untuk melakukan olahraga intensitas tinggi dan 10 detik lagi sisanya untuk istirahat.

Dengan durasi latihan yang cuma empat menit tapi menggabungkan latihan kardio, kekuatan, dan lain sebagainya, HIIT Tabata ini bisa jadi alternatif latihan sebelum beraktivitas. Namun, mengingat intensitasnya yang tinggi, olahraga ini disarankan untuk Cakap People yang sudah terbiasa olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Deretan Makanan Ini Bisa Bantu Berhenti Merokok loh, Apa Saja?

Ingat! Olahraga Tetap Cara Paling Baik untuk Masalah Obesitas