in ,

6 Penyakit Ini yang Bakal Kamu Alami Jika Kekurangan Serat

Selain makanan yang mengandung vitamin, ternyata makanan yang kaya serat juga nggak kalah penting untuk tubuh. Apalagi makanan berserat ini bisa membantu melancarkan sistem penceernaan. Lalu gimana jadinya kalo tubuh kekurangan asupan serat? Mungkin kamu menganggapnya sepele, tapi ada beberapa penyakit yang bikin tubuhmu menjadi nggak nyaman. Mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling beresiko sekalipun.

1. Sembelit

Kurang makanan berserat bisa sebabkan sembelit via http://meetdoctor.com

Kurangnya makanan berserat bisa bikin pencernaan nggak lancar. Biasanya ditandai dengan siklus buang air yang lebih lama. Kalo pun bisa buang air biasanya, tinja yang dikeluarkan juga akan keras dan kering dan menimbulkan rasa sakit. Kamu bisa mengatasinya dengan banyak minum air putih dan makan buah-buahan kaya serat.

2. Mudah capek

Konsumsi makanan tinggi serat tanpa diimbangi serat bisa sebabkan tubuh gampang lemas via http://wenetnews.com

Ternyata mengkonsumsi banyak makanan tinggi protein tanpa diimbangi dengan asupan serat yang cukup akan membuat tubuh menjadi gampang capek. Ketidakseimbangan ini tentunya akan membuat produktifitasmu menurun meski udah makan cukup.

3. Gula darah menjadi nggak stabil

Kadar gula darah jadi tak stabil via http://hellosehat.com

Asupan serat yang kurang di dalam tubuh ternyata bisa membuat para penderita diabetes kesulitan untuk mengendalikan gula darah. Hal ini perlu pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk penanganan tentang kenaikan kadar gula darah yang memicu diabetes semakin parah. Perubahan pola makan bisa membuat hal ini mereda.

4. Kolesterol meningkat

Peningkatan kolesterol bisa dipicu oleh kurangnya serat via http://wolesbitch.wordpress.com

Kolesterol yang tersimpan di usus akan diserap oleh serat untuk dibuang. Jika kamu kekurangan serat dan makan makanan berkolesterol, udah pasti kadar kolesterol dalam tubuh akan meningkat dan nggak akan ada yang membuangnya.

5. Penyakit jantung

Kemungkinan terjadi masalah jantung via http://meetdoctor.com

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi banyak serat akan memiliki resiko kecil terkena penyakit jantung. Tentu ini kabar baik untuk kesehatan jantungmu kan?

6. Obesitas

Makanan tak mengandung serat justru akan menimbulkan rasa lapar berulang hingga berakibat obesitas via http://klikdokter.com

Banyak memakan makanan serat bakal bikin kamu cepat kenyang, dan tentu saja kamu nggak akan punya keinginan untuk makan atau ngemil lagi. Orang yang kekurangan serat cenderung selalu merasa lapar dan akhirnya selalu makan padahal tubuh udah kelebihan asupan makanan.

Sebenarnya kebutuhan serat pada tubuh kita tergolong kecil. Ini juga tergantung dari faktor usia dan jenis kelamin. Bagi pria dewasa kebutuhan serat yang diperlukan adalah 30 hingga 38 gram setiap harinya. Sedangkan untuk wanita dewasa dibutuhkan 25 gram sehari. Namun yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah orang-orang cenderung hanya mengkonsumis sekitar 15 gram serat setiap hari.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ternyata Kecanduan Game Termasuk Penyakit Gangguan Mental

Melirik Sonos One, Speaker Generasi Zaman Now