in ,

Kaum Millennial Wajib Tahu, Latihan Kekuatan Otot Bisa Bikin Pintar Lho!

CakapCakap – Olahraga memiliki banyak sekali manfaat positif bagi manusia. Sebagai salah satu aktivitas fisik yang bermanfaat, olahraga bisa membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Makanya, Cakap People harus membiasakan diri melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Selain itu, masih ada banyak manfaat lain dari berolahraga. Salah satunya yang juga harus diketahui kaum millennial, ternyata latihan kekuatan otot bisa membuat otak jadi lebih pintar lho!

Melakukan olahraga latihan kekuatan otot dapat meningkatkan memori dan fungsi otak penting lain. Via kompas.com

Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal ‘Strength and Conditioning’, bahwa berolahraga juga dapat meningkatkan memori dan fungsi otak penting lain, seperti dimuat dalam laman CNNIndonesia.com. Dalam penelitian itu, sebanyak 62 pria yang terdiri dari usia 65-75 tahun diinstruksikan untuk melakukan latihan kekuatan pada dada dan kaki secara rutin selama 24 minggu. Beberapa kelompok melakukan latihan dengan intensitas ringan, sedang, dan juga tinggi.

Hasilnya, kelompok yang melakukan latihan dengan intensitas sedang dan tinggi mendapatkan skor lebih baik secara signifikan pada tes neurologi, dan punya protein IGF-1, sebuah faktor pertumbuhan dan mendukung perkembangan saraf pada otak, yang lebih tinggi. Tidak hanya itu saja, mereka pun dilaporkan juga memiliki kualitas hidup yang lebih tinggi. Sedang kelompok yang hanya melakukan latihan dengan intensitas ringan tidak menunjukkan perubahan sama sekali dibanding sebelumnya.

Latihan kekuatan otot dapat meningkatkan kesadaran spasial dan waktu reaksi secara signifikan, hingga menurunkan risiko demensia. Via runner.id

Penelitian lainnya dilakukan terhadap 25 pria dan wanita berusia 60-70 tahun yang menjalani latihan kekuatan 2 kali seminggu dalam waktu 6 minggu. Hasilnya ternyata dapat meningkatkan kesadaran spasial dan waktu reaksi secara signifikan. Keduanya merupakan dua dari kemampuan kognitif yang penting untuk mencegah kecelakaan yang diakibatkan oleh usia, seperti terjatuh. Kedua kemampuan itu terbukti berperan dalam menurunkan tahap awal demensia, atau penurunan fungsi pada otak.

Beberapa peneliti juga menyebut bahwa latihan kekuatan otot meningkatkan aliran darah ke otak, serta membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen ke susunan saraf. Selain itu, latihan ini juga dapat meningkatkan mood, dan suasana hati yang baik berhubungan dengan kinerja kognitif yang baik. Nah, makanya Cakap People harus rajin berolahraga dan melakukan latihan kekuatan otot ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tipe Orang Susah Bangun Pagi? Ternyata Kebiasaan Ini Bawaan Lahir lho!

Olahraga Bersama Pasangan Bisa Bikin Hubungan Makin Romantis Lho!