in

Jangan Tertipu, Ini Cara Bedakan Smartphone Asli dan Palsu!

CakapCakap – Smartphone adalah salah satu alat yang seolah sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang. Sebab hampir mayoritas insan memiliki alat canggih yang satu ini. Tentunya Cakap People juga memilikinya bukan? Mengingat banyaknya yang permintaan akan smartphone maka tersedia pula barang-barang palsu yang diedarkan. Maka dari itu, kamu harus menilai sedemikian rupa supaya tak tertipu oleh penampilan fisik smartphone.

Ada beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan dalam mengenali smartphone palsu. Apa saja langkah tersebut? Coba baca ulasan di bawah ini ya!

1. Jangan tergiur harga

Sesuaikan harga yang ditawarkan dengan harga pasar via Lifeloe.net

Mayoritas orang akan tergiur dengan harga murah. Namun sebaiknya kamu jangan melakukan kesalahan yang berikut ini. Sebelum membeli maka cek terlebih dahulu harga pasaran dengan yang ditawarkan. Apabila ternyata harga yang ditawarkan lebih murah dibanding harga pasaran maka kamu wajib curiga.

2. Memastikan nomor IMEI

Cek kebenaran nomor IMEI via Komunitas.bukalapak.com

Hampir setiap smartphone pasti mempunyai nomor IMEI yang berbeda-beda. Oleh karena itu, di kala hendak membeli sebuah telepon pintar maka tak ada salahnya apabila kamu mengecek kebenaran nomor IMEI terlebih dahulu. Caranya dengan memencet tombol *#06#. Dari sana maka nomor IMEI akan keluar. Apabila sudah muncul maka cocokkan nomor IMEI dengan yang ada di kotak penjualan. Jika kamu belum yakin dengan nomor IMEI tersebut maka cek di situs imei.info. Sebab biasanya di situs tersebut akan muncul informasi perihal smartphone yang kamu maksud.

3. Tinjau hasil gambar

Lihat hasil foto via Telset.id

Kamu dapat memastikan kebenaran suatu smartphone melalui hasil gambar yang ditangkap. Namun gambar yang diambil harus dipindah lebih dulu ke komputer yang berbasis Windows. Mengapa bisa demikian? Sebab biasanya gambar punya metadata foto yang memuat info terkait smartphone yang digunakan. Guna mengulik informasi tersebut maka klik foto, kemudian pilihlah properties dan pilih details. Selanjutnya perhatikan bagian model serta pembuat kamera apakah telah sesuai dengan telepon pintar tersebut apa tidak.

4. Cek bentuk fisik secara langsung

Periksa material handphone via Tekno.kompas.com

Umumnya bentuk tampilan smartphone memang hampir serupa. Namun jika kamu mengamatinya secara seksama pasti akan menemukan perbedaannya. Biasanya bentuk smartphone yang paling nyata tampak dari material yang dipakai. Jadi upayakan untuk teliti di bagian tertentu saat membeli sebuah smartphone.

Beberapa langkah di atas bisa Cakap People lakukan untuk memastikan jika smartphone yang hendak dibeli ialah asli. Sebab produk palsu juga beredar di pasaran, sehingga kamu harus berhati-hati dan teliti sebelum membeli. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mengerikan! Inilah Akibatnya Jika Cahaya Ponsel Terlalu Terang!

Ramai! Petisi Jual Wilayah AS ke Kanada untuk Bayar Utang Negara Rp 309.000 Triliun