in ,

Ini yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum ke Havana

Setelah hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Kuba membaik di tahun 2015, dan setelah kematian Fidel Castro setahun kemudian, mata dunia mulai melirik negara Amerika Latin yang dulunya sangat keras menentang keberadaan Amerika itu. Memasuki era keterbukaan, Kuba pun akhirnya membuka akses bagi para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati berbagai sajian budaya dan alam yang ada di negara tersebut. Salah satu spot yang paling banyak disatroni turis adalah Havana, yang notabene merupakan ibukota Kuba. Dan, mungkin kamu sudah bisa menebak, yang paling getol berwisata ke Kuba tak lain adalah orang Amerika.

Nah, buat kamu yang ingin menikmati cerutu Kuba atau berkeliling kotanya yang unik dan nyaris tidak tersentuh peradaban modern terkini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Simak list berikut.

Menuju Kuba

Kalau soal pengurusan visa tidak perlu dibahas, ya, gaes. Yang pasti, cara paling mudah untuk tiba di Kuba adalah dari Amerika Serikat. Pergi ke Kuba sekarang ini sangat mudah, bro. Dulu, kamu harus pergi ke Cancun dulu sebelum ke Kuba; itupun menggunakan penerbangan terpisah. Ada sejumlah maskapai penerbangan yang melayani rute langsung ke Kuba dari Paman Sam seperti JetBlue, American, Delta, Spirit, Southwest, United Airlines, Frontier dan Alaska. Kamu perlu ke Florida dulu, tepatnya di Fort Lauderdale, sebelum melanjutkan penerbangan selama 4 (empat) jam ke Havana.

Berbelanja di Kuba

Buat kamu yang hobi banget shopping, jangan pernah menggunakan kartu kredit Amerika, ya. Soalnya segala bentuk kartu kredit maupun debit yang berbau Amerika Serikat langsung di-banned. Kamu gak bisa sok-sokan menggunakan kartu kredit di sini. So, pastinya akan lebih bijak dan nyaman buat kamu kalau membawa tunai saat memutuskan berkunjung ke Kuba. Untuk patokan, kalau kamu ingin menikmati layanan restoran papan atas, meminum bergelas-gelas mojitos, kemana-mana naik taksi dan ingin koneksi Internet kamu lancar, pastikan kamu rela menghabiskan sekitar 90 dolar AS per hari. Nilai ini belum termasuk untuk penginapan, lho.

Tapi, kalau kamu seorang budget traveler, angka 40 dolar AS sudah cukup, kok. Di sini digunakan dua jenis mata uang, yakni CUC untuk turis dan CUP untuk warga lokal. Buat kamu ini membingungkan. Tapi, orang Kuba selalu membawa dua jenis mata uang ini dan tahu dimana harus dibelanjakan. Nilai 1 CUC kurang lebih sekitar 26,5 CUP. Dan, pastikan kamu selalu menyiapkan uang 1 dolar AS dan koin untuk berjaga-jaga sewaktu transaksi.

Traveling di Havana via https://spectator.imgix.net/content/uploads/2017/05/HAVANA.jpg?auto=compress,enhance,format&crop=faces,entropy,edges&fit=crop&w=820&h=550

Memberi tip

Kebanyakan orang Kuba pendapatannya kurang dari 30 CUC per bulan. Tak mengherankan jika orang lokal sangat mengapresiasi pemberian tip yang dilakukan turis. Rata-rata tip yang diberikan adalah 10 persen dari nilai transaksi. Tapi, perlu kamu tahu, sejumlah restoran sudah memasukkan service charge 10 persen di bon makanan.

Berkeliling Havana

Havana cukup berbeda dari ibukota negara lain di dunia. Di sini koneksi Internet begitu terbatas dan GPS kemungkinan besar tidak bisa digunakan. So, akan lebih baik kamu punya peta manual atau di ponsel. Pastikan kamu sudah mengunduh peta Kuba sebelum kamu bertandang ke sini. Gak perlu bingung, gaes. Di bandara ada banyak, kok, toko yang menawarkan peta Kuba. Tidak pernah salah untuk membelinya ketimbang kebingungan. Begitu kamu sudah dilengkapi peta, berkeliling kota pun gampang. Kamu bisa naik taksi, bus, sepeda roda dua, atau bahkan kuda. Kalau kamu mau (menghemat), berjalan kaki juga oke, kok. Kota Havana tergolong nyaman untuk ditelusuri dengan jalan kaki.

Penginapan dan akomodasi

Kamu bisa menggunakan layanan pemesanan hotel online yang biasa kamu pakai. Rata-rata hotel di Havana dimiliki pemerintah dan tarifnya sangat mahal, bro. Sekitar 300 dolar AS per malam. Makanya, ada banyak turis yang memilih menginap di rumah-rumah penduduk yang jauh lebih ekonomis dan membuat mereka lebih mengenal kebiasaan dan tata krama penduduk Havana secara langsung. Kalau kamu beruntung, menggunakan situs seperti Airbnb, kamu bisa menemukan kamar di sebuah rumah cantik dengan harga di bawah 50 dolar AS per malam.

Koneksi Internet

Tiba di Kuba lewat Amerika Serikat, kamu bakalan disuguhi pemandangan yang sangat berbeda dengan yang di Paman Sam dimana orang-orang berjalan dengan ponsel bertengger di telinga atau duduk di cafe untuk menikmati koneksi Internet super cepat. Di Havana, koneksi Internet begitu terbatas dan sangat sulit menemukan hotspot. Biar kamu lebih nyaman menggunakan Internet, ada baiknya kamu membeli Internet card. Meski restoran atau hotel tempat kamu berada mengatakan punya koneksi Internet, itu tak berarti kamu dapat dengan mudah menggunakan Wi-Fi yang ada. Dengan Internet card itulah kamu harus menikmati hotspot di resto atau hotel tersebut.****

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Deretan Teknologi Masa Depan yang Bakalan Laris Manis

Kamu Seorang Bos? Jangan Pernah Mengatakan Ini pada Bawahan Kamu