in ,

Helm Bau Apek di Musim Hujan, Ini Tips Sederhana Membersihkannya!

Musim hujan sering kali membuat helm menjadi basah dan lembab, sehingga menimbulkan bau apek. Via tribunjualbeli.com

CakapCakap – Musim hujan pun sudah datang. Bagi para pengendara sepeda motor, termasuk juga Cakap People, bukan tidak mungkin akan kehujanan dalam perjalanan. Kondisi berkendara dalam musim hujan ini akan membuat helm menjadi basah dan terasa lembab. Karena air hujan memang bisa saja masuk melalui celah kaca atau lubang ventilasi udara pada helm tersebut. Selain itu, helm juga bisa basah ketika ditaruh di sepeda motor saat parkir. Apalagi posisinya di gantung pada setang.

Musim hujan sering kali membuat helm menjadi basah dan lembab, sehingga menimbulkan bau apek. Via tribunjualbeli.com

Helm yang basah dan lembab pun akan menimbulkan bakteri dan jamur, hingga tercium bau apek. Oleh karena itu, helm tersebut harus dibersihkan dan dicuci. Nah, untuk menghemat uang, kamu sendiri pun bisa membersihkan helm dengan tips sederhana, seperti dimuat di laman Liputan6.com. Pertama, siapkan air hangat, lap lembut dan sampo bayi. Kedua, lepas semua bagian helm, seperti kaca dan kain busa pada helm. Jangan lupa mengingat posisi setiap bagian yang dilepas tersebut.

Ketiga, setelah semua terlepas, siram helm bagian luar, dalam, dan kaca dengan air hangat secara menyeluruh. Keempat, usapkan sampo bayi ke helm, kemudian gosok seluruh bagian helm dengan tangan atau lap, kemudian bilas. Lakukan hal itu baik luar maupun dalam helm beberapa kali sampai benar-benar bersih. Jangan lupa juga mencuci dan membersihkan bagian kaca helm hingga kembali mengkilap. Kelima, jka langkah tersebut selesai, keringkan helm, misalnya menggunakan kipas angin.

Cara mencuci dan membersihkan helm yang bauk apek sebenarnya sangat sederhana dan bisa dilakukan sendiri. Via bibliotika.com

Menurut laman Otosia.com, menjaga helm kesayangan agar selalu tetap awet dan nyaman dipakai memang perlu perawatan khusus. Helm yang terkena air hujan jika dibiarkan saja akan membuat tampilannya juga semakin kusam, selain menimbulkan bau yang tidak sedap. Perlu diingat bahwa jangan pernah langsung menyimpan helm yang sudah kehujanan. Namun, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dari air hujan dan kotoran yang menempel pada bagian helm dengan mencucinya.

Setelah selesai dicuci, cara menyimpan helm juga tidak boleh sembarangan. Untuk penyimpanannya tempatkan dengan posisi terbalik, agar ada sirkulasi udara yang membantu mengeringkan bagian dalam helm yang baru dicuci. Nah, Cakap People juga harus mulai perhatikan kebersihan helm ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Modifikasi Mobil, Mau Proper atau Ekstrem?

Banyak Wanita Tak Dapat Manfaat Maksimal Saat Olahraga di Gym, Kenapa?