in ,

GTCI Rilis 10 Negara dengan Bidang Kewirausahaan Terbaik Dunia, Indonesia di Posisi Berapa?

CakapCakap – Anak muda di Indonesia adalah anak muda yang kreatif, apa saja buktinya? Kita bisa melihat banyak sekali bisnis yang saat ini diprakarsai dan dikuasai oleh anak muda. Mulai dari bisnis kuliner, bisnis properti, hingga bisnis fashion atau busana. Hal ini yang membuat banyak anak muda memilih untuk bekerja sendiri dengan idenya sendiri, tanpa harus terikat dengan perusahaan atau bekerja dengan orang lain. Tidak menutup kemungkinan untuk sukses dengan berbisnis sendiri, tetapi ada juga resikonya.

Dengan dinamika yang telah ada di Indonesia, ternyata demam untuk berwirausaha sangatlah cepat menjamur. Apakah Cakap People termasuk orang yang menggeluti dunia wirausaha?

GTCI Memperingkat Kewirausahaan Negara-Negara di Dunia
https://www.podomorouniversity.ac.id/main/resources/assets/img/home/news/1000×400-32868wirausahawan-tribunjabar.jpg

Awal tahun 2019 ini, Global Talent Competitiveness Index (GTCI) merilis hasil riset dan peringkat tingkat dunia mengenai daya saing global. Daya saing yang diukur saat ini adalah berfokus pada bidang kewirausahaan. Lebih khusus lagi, aspek yang diukur adalah bagaimana negara memberikan dorongan, pemeliharaan, dan pengembangan kewirausahaan hingga berpengaruh di pasar global. Bagaimana dengan Indonesia?

Badan ini menunjukkan bahwa negara dan kota yang ada di peringkat tertinggi adalah negara atau kota yang terbuka dengan ide pengembangan kewirausahaan warganya. Selain itu, pengaruh terbesar yang juga mempengaruhi perkembangan dunia kewirausahaan ini adalah karena digitalisasi dan arus globalisasi yang juga pesat berkembang.

Pemeringkatan GTCI dilakukan dengan menjumlahkan berbagai faktor dan indikator. Jika beberapa badan lain menggunakan indikator keberhasilan pengembangan kewirausahaan saja, GTCI menggunakan pemeringkatan dari kombinasi nilai pendapatan per kapita negara, infrastruktur TI, tingkat korupsi, isu gender, isu lingkungan, tingkat toleransi, stabilitas politik, hingga peran pemerintah dengan dunia bisnis.

Indonesia berada di Peringkat 67 Kewirausahaan di Dunia
https://awsimages.detik.net.id/visual/2018/02/05/e8acee99-7b9e-45a2-8e6c-df8ebd497a2b_169.jpeg?w=715&q=90

Dari proses penghitungan, 10 negara dengan bidang kewirausahaan terbaik tingkat dunia adalah Swiss, Singapura, Amerika Serikat, Norwegia, Demark, Finlandia, Swedia, Belanda, Inggris, dan Luxemburg. Lalu berapa peringkat Indonesia?

Jika Swiss pada peringkat 1 mendapatkan penilaian sebesar 81, Indonesia berada pada posisi ke-67 dengan nilai 38,61. Dengan peringkat tersebut, Indonesai berada diatas Meksiko, Brazil, India, dan Mesir yang berada di posisi 70 hingga 90.

Jika dibandingkan dengan negara-negara Asia, Indonesia berada dibawah beberapa negara yang sudah memiliki pondasi kewirausahaan yang kuat, yakni Singapura, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, Brunei, China, Filipina, dan Thailand.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bangga! Mainan Buatan Indonesia Melenggang di Pasar Dunia

Kecanduan Belanja Online? Ini Cara Mengatasinya!