in

Benarkah Ada Laser Alien dengan Cahaya Sorot yang Sangat Kuat?

CakapCakap – Alien, makhluk hidup yang selama ini diduga tinggal diluar Planet Bumi, adalah sebuah pengetahuan yang jauh dari kehidupan masyarakat. Jika Cakap People mendengar sesuatu pemberitaan tentang alien, kebanyakan adalah tentang kemunculan misterius pesawat luar angkasa milik makhluk ini yang tiba-tiba melewati langit bumi. Ada yang lain?

Boyajian, Bintang yang Paling Misterius di Alam Semesta
https://3.bp.blogspot.com/-XF2kAqSNlGg/W5MkPqKBwII/AAAAAAAA4hs/mEJGdo2pl9E1OCtARhByBjHAtUq6i29YgCLcBGAs/s1600/Boyajian.jpg

Ternyata beberapa waktu yang lalu, para ilmuwan digemparkan dengan kemunculan cahaya menyerupai senter yang sangat kuat dari sebuah obyek di langit. Cahaya yang muncul dari salah satu bintang teraneh di langit ini jarang sekali muncul, dan dianggap sebagai laser atau senter yang dihasilkan oleh pesawat alien. Apakah benar demikian? Jika benar, maka bumi sedang diintai oleh alien!

Bintang Tabby atau Bintang Boyajian (KIC 8462852) yang bertugas untuk memindai jenis emisi laser yang dihasilkan oleh obyek tersebut menyebutkan bahwa ini adalah “megastruktur alien”, yang mengakibatkan fluktuasi yang tidak wajar. Julukan tersebut menunjukkan sebuah energi cahaya yang berkekuatan sangat besar.

Guna meneliti jenis cahaya yang fenomenal tersebut, tim Peneliti dari UC Berkeley SETI mendekati bintang tersebut dari sudut pandang lain untuk mendapatkan hasil baru guna pengkajian ulang. Mereka telah menganalisa 177 spektra resolusi tinggi dari bintang Boyajian, untuk mendeteksi sinyal laser potensial yang kemungkinan memang muncul dari peradaban angkasa luar.

Penampakan Bintang Boyajian dengan Cahaya yang Kuat
https://images-tm.tempo.co/kt/foto/2017/01/01/id_568840/568840_650.jpg

Dalam penelitian ini, juga dilakukan pengkombinasian data dari teleskop Automated Planet Finder milik Lick Observatory. Secara terus menerus, tim peneliti mengumpulkan data cahaya laser yang lebih kuat dari 24 Megawatt. Angka ini adalah batas bawah daya yang bisa dideteksi oleh teleskop pada 1.470 tahun cahaya, yakni jarak Bumi ke bintang KIC 8462852.

Dari beberapa data tersebut, peneliti mendapati berbagai macam angka yang menjanjikan, yakni memberikan sedikit jawaban dari cahaya misterius tersebut.

Hasil sementara menunjukkan bahwa sinar tersebut adalah salah satu sinar kosmik, emisi bintang, atau garis emisi cahaya ruang hampa. Dari hasil tersebut, sebenarnya sudah dapat disimpulkan bahwa cahaya bukan berasal dari laser Alien, seperti yang disangka sejak awal. Bagaimana kelanjutan penelitian ini? Pasti akan sangat menarik karena mengeluarkan ilmu pengetahuan baru tentang obyek dan kehidupan diluar Bumi.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

VW dan Ford Resmi Kerja Sama Kembangkan Mobil Otonom dan Mobil Listrik

The Final Season! Trailer ‘Game of Thrones’ Resmi Dirilis