in ,

Begini Resep Sambal Matah yang Mantap dan Menggugah Selera!

CakapCakap – Mengonsumsi makanan pedas memang memberikan dampak tersendiri bagi setiap orang. Khususnya untuk orang Indonesia yang mempunyai ketertarikan terhadap cita rasa pedas. Tentunya Cakap People pun sudah memahami jika lidah orang Indonesia memang telah terbiasa dengan cita rasa pedas.

Hal tersebut juga terbukti melalui banyaknya olahan makanan khas Nusantara yang mengusung konsep rasa pedas. Bahkan, terdapat pula aneka jenis sambal yang siap menuntaskan hasrat kamu guna makan pedas. Salah satu jenis sambal tersebut ialah sambal matah dari Bali. Walau berasal dari Bali, namun kamu tak harus berkunjung ke sana guna bisa mencicipi sambal matah. Sebab, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara yang harus kamu ikuti guna mendapatkan sambal matah yang nikmat.

Bahan-bahan yang diperlukan

Siapkan cabai untuk membuat sambal via Hellosehat.com

Setiap sambal pasti memiliki bahan yang tak jauh berbeda. Umumnya terdiri dari bawang hingga cabai. Nah, untuk bisa membuat sambal matah maka kamu memerlukan beberapa bahan seperti:

  • 3 buah cabai hijau, 5 cabai keriting, serta 7 cabai rawit. Masing-masing iris tipis
  • 3 siung bawang merah, kemudian iris tipis
  • Terasi bakar, haluskan
  • Tomat 1 buah, potong bentuk dadu kecil
  • Serai 2 batang, ambil yang putih saja kemudian iris tipis dan cincang halus
  • Jeruk nipis 1 buah, ambil sarinya
  • Gula, garam dan
  • Minyak panas

Cara membuat

Sambal matah dari Bali via Sajiansedap.grid.id

Apabila bahan-bahan yang diperlukan sudah siap, maka kamu dapat langsung membuat sambal matah. Bagaimana langkahnya? Ikuti uraian berikut ini ya!

  1. Padukan semua bahan yang sudah disiapkan di atas menjadi satu, kecuali minyak goreng.
  2. Apabila bahan-bahan sudah tercampur dengan rata, begitu pula rasa dari gula serta garam telah sempurna maka langkah selanjutnya ialah dengan memanaskan minyak goreng. Kemudian guyurkan minyak goreng panas tersebut ke adonan sambal.
  3. Lantas, berikan tambahan berupa perasan air jeruk nipis guna menyegarkan rasa si sambal matah.
  4. Jika sudah, jangan lupa untuk mengaduk adonan tersebut sampai rata dan benar-benar menyatu. Kemudian kamu bisa menyajikan sambal matah sesuai selera.

Tak sulit bukan Cakap People? Kamu bisa memasak sambal matah sendiri di rumah untuk keluarga kesayangan. Sambal matah ini sangat cocok dikonsumsi bersama dengan orang-orang tersayang. Kamu bisa menggunakan menu sambal matah ini guna dipadukan dengan ayam goreng, tempe penyet dan dengan nasi hangat. Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ingin Bebas dari Stres? Ini Dua Hal yang Wajib Kamu Lakukan!

Alami Rambut Rontok? Coba Atasi dengan Shampo Bawang Putih Berikut!