in ,

6 Tahun Lagi, Indonesia Bakal Punya Pesawat Komersil R80

Pesawat R80 buatan PT Regio Aviasi Industri (RAI) ditargetkan akan mulai mengudara 6 tahun lagi. Via detik.com

CakapCakap – Indonesia tidak kalah dari negara-negara Eropa atau Amerika Serikat yang mampu membangun dan membuat pesawat sendiri. Faktanya, untuk Cakap People ketahui, sejak bertahun-tahun silam Indonesia sudah bisa membuat pesawatnya sendiri. Bahkan, hingga sekarang sudah ada beberapa pesawat produksi industri dalam negeri yang mengudara di angkasa Nusantara. Tak hanya dipakai sendiri, sejumlah pesawat itu juga sudah dibeli oleh negara lain, terutama di Asia dan Afrika.

Pesawat R80 buatan PT Regio Aviasi Industri (RAI) ditargetkan akan mulai mengudara 6 tahun lagi. Via detik.com

Nah, salah satu perusahaan pembuat pesawat dalam negeri, PT Regio Aviasi Industri (RAI) saat ini juga tengah mengembangkan satu lagi pesawat komersil, yang diberi nama R80. Proyek pesawat R80 ini sudah lama dimulai sejak diinisiasi oleh BJ Habibie, dan hingga saat ini masih terus dikembangkan oleh PT RAI. Pesawat itu pun hampir rampung, dan ditargetkan akan mengudara pada tahun 2025 mendatang. “Kurang lebih enam tahun dari 2019, kita bisa melihat pesawat R80 di udara Indonesia,” kata Komisaris PT RAI Ilham Habibie belum lama ini, seperti dilansir oleh laman MediaIndonesia.com.

Disampaikannya, pesawat R80 didesain untuk penerbangan sipil yang bisa menampung hingga 100 penumpang. Pesawat ini pun juga bisa menjangkau 1.480 kilometer dalam sekali terbang. Teknologi pesawat R80 sendiri dirancang mampu menghemat bahan bakar sehingga bisa memberi keuntungan bagi pihak maskapai. Saat ini, pesawat R80 pun masih harus melalui serangkaian proses di antaranya pembuatan prototipe dan uji layak terbang. Makanya, dimintakan dukungan dari masyarakat luas.

Pesawat CN235-220 buatan PT Dirgantara Indonesia sudah dibeli puluhan unit oleh Turki. Via tempo.co

Pemerintah Indonesia pun juga memiliki perusahaan sendiri yang bisa membuat pesawat, yakni PT Dirgantara Indonesia (PT DI), yang menjadikan negara ini dengan industri pesawat satu-satunya di Asia Tenggara, seperti dikutip dari laman GoodNewsFromIndonesia.com. Selain dari pesawat N-250 Gatotkaca yang pertama kali dibuat, ada CN235-220 yang sepenuhnya diproduksi di dalam negeri. Menariknya, pesawat multiguna bermesin ganda ini telah dibeli hingga 59 unit oleh militer Turki.

Tak hanya bisa membuat pesawat, perusahaan yang didirikan sejak 1976 dengan BJ Habibie sebagai Presiden Direktur ini juga memproduksi helikopter dan senjata. Luar biasa hebat kan, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hati-Hati! Pekerja Indonesia Ternyata Lebih Rentan Diabetes

Canggih dan Mungil! Inilah Kamera Pintar Google yang Dibanderol Rp 3 Jutaan