in

4 Sayuran Ini Bisa Bahaya Jika Dikonsumsi Secara Mentah, Apa Saja?

CakapCakap – Sayur merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi bagi tubuh. Oleh karena itu, Cakap People sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayur. Di dalam sayur tersedia aneka kandungan baik seperti vitamin, zat antioksidan hingga serat. Guna memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, maka kita memerlukan sayur-sayuran untuk dikonsumsi.

Tetapi, cara mengonsumsi beberapa sayuran berikut ini terbilang berbeda. Sebab, ia malah akan berbahaya apabila kamu konsumsi secara mentah. Mungkin beberapa jenis sayuran ada yang cocok dilahap saat mentah. Tetapi, tidak demikian dengan 4 jenis sayuran berikut ini!

1. Keluarga kubis, kol dan brokoli

Dampak konsumsi kubis dalam kondisi mentah via Alodokter.com

Bukan rahasia lagi jika jenis sayuran berikut ini berdampak baik bagi tubuh. Bahkan, ia termasuk kelompok sayur cruciferous yang dapat membantu melepaskan indole serta komponen organik. Perannya bisa menangkal kanker pra-kanker. Kendati demikian, namun kamu disarankan untuk tak mengonsumsi jenis sayur-sayuran tersebut dalam kondisi mentah.

Sebab, bisa memicu terjadinya masalah pencernaan untuk beberapa orang. Tetapi bukan berarti kamu tak dapat mengonsumsinya sama sekali dalam kondisi mentah. Perhatikan jumlah saat mengonsumsinya. Selain itu, potong sayuran tersebut dalam ukuran yang pas dan hindari untuk melahapnya secara bersama-sama.

2. Cabai

Rebus cabai setengah matang via Hellosehat.com

Perlu kamu ketahui jika cabai termasuk sumber asam ferulat serta likopen yang terbaik. Dengan memasaknya maka cabai dapat bermanfaat lebih maksimal. Tetapi hindari untuk memasak cabai terlampau matang. Sebab, vitamin C dapat mudah rusak apabila terkena panas. Selain itu, cabai yang ditumis menggunakan minyak zaitun akan lebih banyak menyuplai vitamin A dalam tubuh dibanding dikonsumsi secara mentah.

3. Wortel

Memasak wortel sebelum dimakan via Id.wikihow.com

Gemar mengonsumsi wortel mentah sebagai camilan? Agaknya mulai saat ini kamu tak perlu melakukan hal itu lagi! Sebab, wortel yang direbus dapat membantu melepaskan karotenoid dan membantu mengoptimalkan sistem imun tubuh. Maka dari itu,merebus wortel sangat disarankan daripada mengonsumsi dalam kondisi mentah.

4. Kale

Sayur kale via Totalbuah.id

Mayoritas orang memilih mengonsumsi kale dalam kondisi mentah. Umumnya orang menjadikan kale sebagai bahan salad. Padahal berbekal dari suatu studi yang dilakukan Linus Pauley Institute menunjukkan jika konsumsi kale dalam kondisi mentah bisa menjadikan sintesis hormon tiroid kacau. Hal tersebut akan berdampak negatif pada sistem metabolisme tubuh. Tetapi efek negatif tersebut baru akan terasa jika kale dikonsumsi mentah dalam jumlah yang banyak.

Itulah 4 jenis sayuran yang sebaiknya tak kamu konsumsi dalam kondisi mentah Cakap People. Sebab dapat berakibat tidak baik bagi sistem metabolisme tubuh, pencernaan hingga mengacaukan hormon. Namun dalam memasaknya pun tak perlu berlebihan. Sebab dapat merusak kandungan nutrisi dan vitamin di dalam sayuran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Lari Tanpa Alas Kaki Ternyata Juga Baik untuk Kesehatan, Asalkan…

Berminat Beli Mobil Melalui Lelang? Ini yang Perlu Diperhatikan!