in ,

Singgah ke Semarang Tak Lengkap Tanpa Mencicipi 4 Kuliner Ikonik Berikut, Apa Saja?

CakapCakap – Semarang merupakan salah satu kota yang cukup terkenal akan keanekaragaman kuliner. Terdapat banyak sekali santapan khas yang bisa Cakap People cicipi di kala singgah ke Semarang. Selain dimanjakan oleh destinasi wisata yang indah nan elok, kuliner di sana juga tak kalah lezat dari menu makanan di wilayah lain.

Mungkin mayoritas orang hanya kenal dengan menu berupa lumpia basah saja. Padahal, Semarang punya menu kuliner ikonik lain yang dijamin akan membuat selera makan kamu jadi tergugah. Lantas, apa saja menu kuliner ikonik asal Semarang ini? Temukan daftarnya di ulasan berikut ini!

1. Es Puter Cong Lik untuk Si Penikmat Durian

Menu es puter durian via Indonesia.tripcanvas.co

Ketika suhu panas sedang meningkat, maka tiada penangkal paling ampuh selain konsumsi minuman atau makanan yang menyegarkan. Bagi kamu yang doyan sama buah durian, maka wajib datang ke tempat berikut ini. Sebab, ada menu berupa Es Puter Cong Lik. Di mana terdapat sensasi rasa durian, yang dipadukan bersama roti tawar, siwalan hingga mutiara. Menu es ini terdapat di wilayah Simpang Lima Semarang, lengkapnya di Jalan KH Ahmad Dahlan No. 11. Di sana terpampang jelas warung tenda dengan banner yang besar. Namun, warung ini baru akan buka pada jam 18.00.

2. Lumpia Ikonik di Gang Lombok

Menu ikonik dari Semarang via Apasih.web.id

Berhubung Semarang sudah lekat sekali dengan ikon lumpia, maka kamu wajib mencicipi menu khas ini saat berada di sana. Salah satu lumpia yang disarankan guna kamu cicipi ialah Lumpia Gang Lombok. Lumpia di sana memiliki cita rasa lezat dan tak pernah sepi pengunjung. Namun, hebatnya kamu tak perlu antre jika hendak membeli lumpia ini. Letak penjual jajanan ini terdapat di Jalan Gang Lombok, No. 11, Purwodinatan.

3. Warung Makan Putro Solo

Menu gudeg via Goodindonesianfood.com

Akan sangat disayangkan apabila kamu tak sempat mampir ke tempat berikut saat berada di Semarang. Sebab, Warung Makan Putro Solo ini selalu menjadi incaran bagi turis lokal ataupun interlokal. Tersedia aneka menu seperti gudeg, opor hingga gulai kambing. Fasilitas yang disediakan di sini juga cukup mumpuni. Sehingga tak heran jika tempat ini mendapatkan rating bagus jika dicari memakai mesin pencarian Google. Desain tempat ini pun menawarkan konsep zaman dahulu. Jika ingin berkunjung, maka kamu dapat singgah ke Jalan Gang Pinggir, No. 112.

4. Deretan Kue Lezat di Toko OEN

Penampakan Toko OEN Semarang via Jatenglive.com

Mungkin bagi sebagian orang mengira jika Toko OEN merupakan jajanan khas Malang. Namun, sebenarnya Toko OEN juga terdapat di Semarang. Di mana terletak di Jalan Pemuda No. 52, Bangunharjo. Asal mula Lien Gien Nio atau Oma / Nenek Oen menjual kue-kue khasnya di Yogyakarta. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, kue dagangannya makin laris dijajakan di Jakarta, Semarang hingga Malang sampai buka cabang di sana. Kini, Toko OEN Semarang dikelola oleh keturunan dari Oma Oen sendiri, sementara cabang di Malang tidak. Menariknya, Toko OEN Semarang sempat diundang ke Belanda, yakni Den Haag guna mengisi sebuah stand festival bertajuk ‘Pasar Malam’.

Nah, jadi Cakap People kunjungan kamu ke Semarang akan lebih lengkap dengan hadirnya beberapa tempat jajan di atas. Jangan lupa untuk membawa buah tangan ikonik dari Semarang ya! Sebab, menu-menu kuliner di sana terlampau sayang jika tak dinikmati. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Merasa Kecanduan, 4 Artis Ini Pilih Vakum dari Instagram!

Burung Punya Lebih Banyak Kemiripan dengan Dinosaurus, Ini Buktinya!