in ,

Sempat Lumpuh! Pemulihan Media Komunikasi Dipercepat Pasca #GempaPalu

CakapCakap – Cakap People, Indonesia kini tengah berduka. Pasca gempa bumi berkekuatan lebih dari 7,7 SR dan juga tsunami yang menimpa Palu, Donggala, dan beberapa wilayah di Sulawesi Tengah, masyarakat Indonesia semakin menggeliat untuk membantu proses pemulihan. Begitu juga dengan Pemerintah Daerah dan Pusat, terus bekerja untuk membuat dampak bencana alam ini bisa dihentikan dan segera dipulihkan.

Salah satu permasalahan pasca kejadian mengerikan ini adalah matinya seluruh akses komunikasi. Masyarakat juga semakin panik karena mereka tidak dapat saling berkomunikasi, terutama untuk memastikan kondisi kerabat dan keluarga yang terdampak bencana ini secara langsung.

Gempa Palu lumpuhkan roda kehidupan masyarakat Sulawesi Tengah via https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi9j7vlvOXdAhVKuo8KHboTDdoQjRx6BAgBEAU&url=https%3A%2F%2Fnasional.kompas.com%2Fread%2F2018%2F09%2F29%2F10041491%2Fkemenkominfo-jaringan-seluler-yang-masih-berfungsi-di-palu-adalah-xl&psig=AOvVaw3U_bxtZLCAesKk4VlCoDh-&ust=1538491104734177

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan keterangan bahwa seusai gempa, hanya ada 431 BTS (Base Transceiver Station) yang berfungsi dari total 3007 BTS. Matinya fungsi BTS ini tentunya adalah akibat dari pasokan listrik yang terhenti. Selain itu, jaringan telekomunikasi juga terputus di daerah Palu ke Santigi, Mamuju, dan Poso. Semua koneksi IPPB juga putus, hanya radio dengan jalur 150 Mbps yang masih terhubung dengan normal.

Guna mempercepat pemulihan dan proses komunikasi dari dan menuju Palu, Kemenkominfo telah memberikan tambahan 50 telepon satelit. Pengiriman tersebut sedang berlangsung, dan dilakukan secara cepat tapi bertahap. 50 telepon satelit ini pernah digunakan untuk sarana komunikasi penanganan gempa Lombok beberapa waktu yang lalu, dan akhirnya direlokasi untuk kebutuhan serupa di Sulawesi Tengah. Semua pendistribusian dilakukan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI), dengan bantuan Danrem setempat.

Ribuan BTS di Palu lumpuh akibat gempa dan tsunami via https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjfxMOlvOXdAhWKvY8KHQp-DeAQjRx6BAgBEAU&url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Ftekno%2Fread%2F3655701%2Ftop-3-tekno-lebih-dari-1000-bts-padam-pasca-gempa-donggala&psig=AOvVaw3U_bxtZLCAesKk4VlCoDh-&ust=1538491104734177

Selain itu, Kemenkominfo juga telah melakukan pemasangan dua perangkat Internet Satelit berupa VSAT Bakti – Lintasarta, yang dipasangkan di Posko Utama Korem Tadulako dan Posko Media Bakti Kominfo, yang berlokasi di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Siranindi. Operator selular juga terus membenahi jaringan telekomunikasi di Palu. Proses pemulihan ini dibantu secara langsung oleh tim lapangan dari Makassar, Palopo, dan Poso, agar bisa berjalan dengan lebih cepat.

Semoga saudara kita di Palu dan Donggala bisa segera mendapatkan bantuan terbaik ya, Cakap People! Jangan lupa, ulurkan tangan untuk membantu ringankan beban para korban #GempaPalu dan tsunami! [ED/YN]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hendak Bangun Bisnis dari Nol Tapi Tak Tahu Caranya? Simak Ini!

Simak! Inilah Rekomendasi Evakuasi Kendaraan Pasca #GempaPalu