in

Ini 5 Tips Buat Menghemat Dana Pernikahan Sederhanamu

Banyak pasangan muda menjadikan pernikahan sebagai beban karena keterbatasan finansial untuk menggelar acara resepsi yang diimpikan. Siapa sih yang nggak pengen hari bahagianya begitu istimewa dengan perayaan yang maksimal dan tamu-tamu yang ikut berbahagia saat menghadiri acara seumur hidup sekali ini. Tapi kalo kamu dan pasangan pengen benar-benar menghemat pengeluaran tapi tetep punya gelaran acara yang spektakuler, kamu bisa kok muter otak untuk menerapkan beberapa strategi. Berikut ini 5 tips untuk bikin perayaan pernikahan kamu tetap semarak meski dengan modal ngepas.

1. Batasi jumlah tamu

Memang sih semakin banyak tamu yang datang maka semakin semarak pesta pernikahanmu, tapi juga kamu butuh dana lebih untuk menjamu mereka. Coba deh kamu sempitin lagi undanganmu menjadi orang-orang yang sangat dekat dan harus tahu tentang hari bahagiamu ini. Jadi meski punya tamu yang sedikit, tapi semuanya adalah orang-orang yang berperan penting dalam hidupmu bahkan kisah cintamu dengan calon pengantinmu.

2. Manfaatkan teman dan kerabat

Memanfaatkan teman atau kerabat untuk menekan biaya pernikahan via palingseru.com

Ini dia gunanya punya banyak temen, kamu bisa manfaatin saat momen spesial ini. Kamu bisa cari temen yang bisa jadi pembawa cara, punya tongkrongan musik untuk band pengisi acara, bahkan katering yang bisa mengompres pendanaan di wilayah makanan dan asupan gizi para undangan. Kamu juga bisa manfaatin teman yang pinter dandan buat make up gratis. Ya meski semuanya nggak selalu gratis-tis, kamu bisa membayar mereka dengan harga teman. Lagian kalo memang mereka sohibmu, masak nggak mau terlibat dalam momen bahagiamu ini sih.

3. Diskon dari vendor

Manfaatkan diskon dari vendor via http://warnaindonesiaphoto.com

Ada cara yang paling sederhana untuk mengakali pengeluaran dengan vendor-vendor semacam tata rias, katering, ataupun dekorasi yang kamu pakai di hari pernikahanmu nanti, yaitu dengan menawarkan promosi dan dibarter dengan diskon khusus sekitar 20 persen. Kamu bisa menawarkan pemasangan xbaner atau kartu nama di beberapa titik di acara pernikahanmu sebagai ajang vendor mempromosikan jasanya. Jadi tamu-tamu yang datang bisa disasar dengan sangat tepat. Kali aja ada temenmu yang juga pengen nikah tapi bingung soal dekorasi, dan vendor yang kamu pakai bisa dapet konsumen berikutnya.

4. Hindari sewa gedung

Menghindari sewa gedung bila rumah bisa dijadikan tempat resepsi via http://tokobungakarangan.com

Tempat yang nyaman bikin suasana resepsi pernikahan jadi tambah nyaman didatangi oleh para tamu. Tapi kita tahu kalo sewa gedung itu cukup menguras kocek dari pengeluaran resepsi. Nah, coba deh cari lokasi yang cukup representatif tapi dengan harga yang lebih bersahabat. Kalo rumahmu cukup nyaman, kenapa mesti memaksakan di gedung atau sewa tempat lain. Cara lain kamu bisa nyewa lokasi outdoor yang lebih murah. Waktu resepsi di pagi hari juga lebih murah karena nggak butuh pencahayaan tambahan kayak pesta di malam hari.

5. Katering baru

Perkara catering jadi hal penting dalam resepsi pernikahan, sehingga baiknya hindari yang baru via http://semanggicatering.com

Nggak bisa dipungkiri, hidangan pesta adalah nyawa dari sebuah perjamuan dan pernikahanmu akan terasa hambar dengan menu makanan yang biasa-biasa aja. Tapi bukan berarti kamu menghabiskan biaya lebih untuk menu-menu spesial lho. Kamu bisa cari temen yang punya katering untuk mendapatkan harga teman, atau cari vendor katering baru yang butuh promosi dan kamu adalah konsumen pertama mereka yang membuka peluang ke pesanan berikutnya.

Itu dia 5 strategi yang bisa kamu terapkan untuk menghemat biaya pernikahan tanpa harus mengorbankan pernikahan bahagiamu jadi pesta yang culun.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Tidur Tanpa Menghapus Makeup

Sering Ngerasa Ditaksir Orang? Bisa Jadi Itu Gangguan Psikologis