in

Musim Hujan Datang, Pengendara Sepeda Motor Harus Perhatikan Ini!

CakapCakap – Belakangan ini Indonesia sudah mulai diguyur oleh hujan di sejumlah wilayah Tanah Air, sebagai pertanda dimulainya musim hujan. Bagi para pengendara sepeda motor, kondisi hujan seperti ini memang sedikit berbahaya saat sedang berkendara di jalan raya. Cakap People pun harus berhati-hati, karena kondisi hujan bisa menyebabkan jalan jadi lebih licin dan lebih berisiko untuk terjadinya kecelakaan. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengecek sejumlah bagian kendaraan.

Musim hujan sangat berbahaya bagi para pengendara sepeda motor, karena dapat menyebabkan kecelakaan jika tidak berhati-hati. Via indonesiautosblog.com

Seperti disampaikan TMC Polda Metro Jaya di laman Suara.com, hal pertama yang harus diperiksa adalah semua lampu sepeda motor untuk memastikan masih berfungsi dengan baik, karena penting untuk membantu pengendara memberikan jarak pandang yang lebih jauh saat dalam kondisi hujan. Kemudian, periksa pula kondisi tekanan udara dalam ban dan kondisi fisik ban secara rutin minimal seminggu sekali, untuk menghindari kondisi sepeda motor yang bisa saja tergelincir di genangan air.

Bagian yang tak kalah pentingnya adalah memeriksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan, mulai dari kemudi, pedal rem, gas, hingga kopling untuk memastikan masih dalam kondisi terbaik. Jangan lupa untuk memberikan perawatan ekstra selama musim hujan. Kemudian, upayakan untuk selalu mengurangi kecepatan saat mengendarai sepeda motor ketika kondisi hujan dan jalanan licin, serta menjaga jarak yang aman dengan pengendara lain untuk menghindari hal-hal tak diinginkan.

Bagian rantai sepeda motor memiliki kemungkinan paling besar untuk mengalami karatan selama musim hujan. Via kompas.com

Selama musim hujan, sepeda motor juga harus mendapat perawatan untuk menjaga kebersihannya. Menurut laman Carmudi.co.id, hal ini juga harus mendapat perhatian lebih untuk menjaga kondisi sepeda motor. Pasalnya, jika air hujan yang menempel pada bagian sepeda motor dibiarkan saja, maka bisa merusak warna cat hingga terlihat pudar. Hal ini karena air hujan memiliki kandungan zat asam yang cukup tinggi, sehingga tak hanya merusak warna cat, tetapi juga bisa menyebabkan karat.

Oleh karena itu, makanya perlu mencuci seluruh bodi sepeda motor dan bagian-bagian lain untuk mencegah timbulnya karatan yang disebabkan oleh hujan. Nah, Cakap People jangan sampai lupa ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Samsung Luncurkan Prosesor Khusus untuk Proyek ‘Mobil Pintar’

Begini Cara Tepat Bersihkan Freezer dari Bunga Es!