in ,

Mengenal Aquafit, Olahraga Alternatif untuk Para Lansia

CakapCakap – Olahraga menjadi salah satu aktifitas yang penting dalam kehidupan manusia. Dengan berolahraga secara rutin, maka bisa membantu menjaga kesehatan seseorang. Aktifitas pergerakan tubuh tersebut akan membuat sirkulasi darah dan udara di dalam tubuh akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, Cakap People pun juga jangan lupa untuk terus berolahraga, setidaknya melakukan jogging atau jalan sehat minimal sekali dalam seminggu, sambil berjalan-jalan menikmati udara pagi.

Namun, memang tak semua orang bisa berolahraga. Seperti orang-orang lanjut usia, atau para lansia yang tentu saja sangat sering mengalami keterbatasan fisik untuk melakukan olahraga secara rutin. Makanya, tidak heran jika banyak lansia yang pada akhirnya malah berolahraga, meski kemudian malah akan membuat tubuh mereka semakin rapuh. Padahal, kenyataannya masih ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh para lansia, sesuai dengan kemampuan tubuh dan tenaganya.

Sejumlah lansia sedang mengikuti gerakan yang diperagakan oleh instruktur aquafit via 1610 ORG.

Seperti dilansir Kompas, Kamis (30/8/2018), salah satu olahraga alternatif untuk para lansia adalah aquafit, yang merupakan olahraga ketahanan tubuh ke segala arah dengan memanfaatkan media air sebagai beban. “Aquafit dapat jadi latihan terapi yang sempurna, atau kelas awal bagi individu lanjut usia dan siapa pun yang baru mengenal kebugaran. lni adalah kelas yang aman, menarik, dan efektif, juga sangat bermanfaat,” jelas David Prosser, Country Manager Fitness First Indonesia di Jakarta.

Instruktur di Fitness First Indonesia, Dee pun mengungkapkan bahwa gerakan aquafit sangat sesuai dengan para lansia, karena gerakannya ramah dan tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Dengan kata lain, olahraga aquafit ini sendiri akan membantu para lansia tetap bergerak dengan risiko cedera yang lebih sedikit. Masih menurut Dee, ada tujuh gerakan aquafit, mulai dari squat, Iunge, push, pull, hinge, gait, dan rotate.  Gerakan rotate sendiri dinilai bisa melatih fleksibilitas untuk para lansia.

“Gerakan-gerakan itu seperti latihan di darat, namun dalam olahraga aquafit ini hanya dibedakan medium saja, yaitu air. Lansia bisa membiasakan fleksibilitas di bagian perut dengan gerakan rotasi,” ungkap Dee memberikan contoh untuk para lansia. Nah, Cakap People mungkin bisa memberikan informasi tentang olahraga aquafit ini kepada kakek-nenek, orangtua, atau para lansia lainnya. [YN]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Peraih Medali Tertua dan Termuda Asian Games 2018 dari Indonesia

Rebut 6 Emas, Inilah Sosok Atlet Terbaik Asian Games 2018!