in ,

Masih Suka Panaskan Motor? Wajib Baca Informasi Ini

CakapCakap – Memanaskan sepeda motor dengan menghidupkan mesinnya dalam waktu tertentu sebelum menggunakannya, menjadi salah satu kebiasaan para pengguna sepeda motor. Ritual ini mungkin juga pernah dilakukan Cakap People, karena mesin berada dalam kondisi yang dingin sepanjang malam, sehingga oli mesin menjadi sangat kental. Dengan memanaskan mesin, akan membantu untuk memperlancar sirkulasi oli. Memanaskan mesin sepeda motor ini dilakukan sekitar belasan menit, bahkan bisa lebih lama.

Ritual memanaskan sepeda motor sebelum digunakan ternyata tida cocok lagi dilakukan pada sepeda motor produksi terbaru yang sudah dilengkapi dengan banyak teknologi. Via ituberita.info

Ternyata kebiasan itu sudha tidak tepat lagi dilakukan pada sepeda motor zaman sekarang. Pasalnya, sepeda motor saat ini sudah hadir dengan berbagai teknologi terbaru, salah satunya adalah sistem injeksi bagian pembakaran yang sangat memudahkan pengendara. Menurut Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta Rendra Kusuma di laman VIVA.co.id, sepeda motor saat ini sudah diatur untuk bisa langsung digunakan tanpa perlu dipanaskan. Kalau ingin dipanaskan sebaiknya tak terlalu lama.

“Ketika mau memanaskan sepeda motor jangan terlalu lama. Sekitar 3 menit dan maksimal 5 menit. Karena motor zaman sekarang sudah didesain siap pakai,” ungkap Rendra. Jika dipanaskan terlalu lama, menurutnya akan merusak bagian pada lampu utama sepeda motor, karena mengalami panas. “Kalau terlalu lama dipanaskan dan motor dalam keadaan diam, kan lampunya jadi semakin panas karena tidak ada sirkulasi pendinginan. Nanti mika lampunya bisa meleleh,” ucapnya menambahkan.

Mengengkol kick starter dan menggeber gas ketika memanaskan sepeda motor juga tidak bola lagi dilakukan pada sepeda motor keluaran terbaru. Via otolibs.com

Selain itu, masih menurut Rendra pada laman Kompas.com, kebiasaan memanaskan mesin sepeda motor ini juga bisa merusak knalpot. “Jika sepeda motor sekarang dipanaskan lama-lama jadi kurang baik. Salah satunya bikin knalpot jadi cepat menguning,” pungkas Rendra. Jadi, penggunanya cukup memanaskan mesin sepeda motor sebelum dikendarai. Kebiasaan lainnya yang juga tidak harus lagi dilakukan pada sepeda motor saat ini, di antaranya mengengkol kick starter hingga berulang kali sebelum memanaskannya, bertujuan agar sirkulasi oli bisa berjalan dulu dengan baik menuju mesin.

Disampaikan Rendra, pada sepeda motor saat ini, electric starter sudah bisa langsung digunakan saat menghidupkan sepeda motor, meski sudah mati dalam waktu lama. Jika masih dilakukan, maka bisa menyebabkan terjadinya knalpot yang bersuara seperti meledak. Kemudian, menggeber gas sepeda motor ketika memasnakan juga tidak perlu, karena sudah dilengkapi engine control module (ECM). Jangan lupa ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Wah, Ternyata Aroma 5 Bunga Ini Bisa Tingkatkan Mood lho!

Tak Harus Jadi Keluarga Agar Bisa Tinggal di Istana Buckingham, Begini Caranya!