in ,

Malas Bangun Pagi? Mending Olahraga dan Rasakan Banyak Manfaatnya!

Kebiasaan malas bangun pagi harus dihentikan, dan digantikan dengan aktivitas fisik seperti berolahraga di pagi hari. Via merdeka.com

CakapCakap – Banyak orang yang malas bangun pagi, mungkin juga termasuk Cakap People, yang lebih memilih untuk melanjutkan tidur atau berleha-leha, terutama hari libur. Padahal, ada berbagai aktivitas dengan manfaat luar biasa yang bisa dilakukan pagi hari. Salah satunya adalah berolahraga. Memang tidak ada salahnya untuk memulai hari dengan berkeringat menjalani aktivitas fisik di pagi hari. Bahkan, ada banyak sekali manfaat berolahraga pagi hari yang bisa dirasakan sepanjang hari.

Kebiasaan malas bangun pagi harus dihentikan, dan digantikan dengan aktivitas fisik seperti berolahraga di pagi hari. Via merdeka.com

Menurut laman Okezone.com, seseorang yang terbiasa memulai hari dengan olahraga, maka akan berdampak baik pada kesehatan, karena dirinya pun akan berusaha menjaga kesehatan sepanjang hari, misalnya dengan membatasi makanan yang kurang bergizi, atau lebih aktif dalam beraktivitas. Berdasarkan riset dari National Sleep Foundation (NSF), orang-orang yang menjalani treadmill pada jam 7 pagi akan tidur lebih lama di malam hari, dan juga mengalami siklus tidur yang lebih dalam.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Vascular Health and Risk Management menyebut bahwa mereka yang berolahraga di pagi hari mengurangi tekanan darah pasca-latihan sebesar 10%. Olahraga juga memberi dorongan endorfin, yang jika diterima oleh otak di pagi hari, maka harinya akan dimulai dengan perasaan lebih optimis, serta tak rentan terhadap stres dan kecemasan. Selain itu, dengan berolahraga di pagi hari, maka akan ada waktu luang yang lebih panjang di malam hari.

Berolahraga di pagi hari memiliki banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan sepanjang hari. Via alodokter.com

Ternyata, berolahraga pun memang jauh lebih baik pada pagi hari. Menurut personal trainer Keith McNiven dari Right Path Fitness di London, memulai pagi dengan olahraga dapat membuat target kebugaran tercapai. “Kita juga akan lebih produktif sepanjang hari karena motivasi yang kita miliki di pagi hari,” ungkap McNiven di laman Kompas.com. Olahraga di pagi hari pun lebih cepat membantu pembentukan otot, karena tingkat hormon yang membangun massa otot lebih tinggi di pagi hari.

Kemudian, olahraga di pagi hari juga akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang jadi bagian penting untuk menurunkan berat badan. “Semua aktivitas sama, tapi olahraga pada pagi hari akan membantu meningkatkan metabolisme lebih cepat, yang akhirnya bisa membakar lebih banyak kalori selama hari itu,” tambah McNiven. Nah, mulai kini Cakap People harus niatkan olahraga pagi!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Adakah Hiu Pemakan Tumbuhan di Dunia?

Anak Imigran Palestina Penentang Donald Trump Menang Kursi Kongres AS