in

Mau Jadi Penulis Freelance Sukses? Ikuti Saja Tips Simple Ini

Setiap orang pasti memiliki keahlian dan bakat yang berbeda-beda, ada yang pandai merangkai kata-kata namun ada pula yang pandai dalam hal berbicara atau mengutarakan pendapat. Namun akan sangat menyenangkan bukan jika keahlian atau bakat yang dimiliki tersebut bisa menjadi suatu ladang rupiah? Bagaimana caranya? Miasalnya saja jika kamu memiliki keahlian atau bakat dalam menulis, maka kamu dapat mencoba untuk menjadi penulis lepas online.

Di dunia ini tak ada yang tidak mungkin bukan? Terlebih jika saat ini serba berbau teknologi, bahkan informasi pun dapat ditemukan dengan mudah melalui internet. Nah, kamu pun dapat melakukannya. Lantas apa saja yang perlu dilakukan untuk membangun karir yang gemilang dalam bidang penulisan online tersebut? Berikut tips simple buatmu.

Budayakan membaca

budayakan membaca via baznasjabar.org

Tak hanya penting untuk memperluas konteks penulisan saja, sebab membaca juga akan mempermudah kamu dalam menyusun kata-kata yang menarik dan mudah dibaca. Kamu pun dapat membaca dari berbagai media, mulai dari koran, buku, majalan hingga artikel yang bersifat online ataupun offline. Dengan demikian kamu akan memiliki cukup banyak referensi serta kualitas tulisan kamu pun akan makin berbobot. Nah, jangan segan untuk membudayakan membaca.

Sering menulis

sering asah kemampuan menulis via vebma.com

Agar kemampuanmu semakin terasah, maka kamu wajib melakukan agenda asah kemampuan dengan sering menulis. Tak harus menulis yang berat-berat, kamu dapat memulai menulis melalui buku harian. Tulislah suatu topik tertentu dengan jumlah kata yang kamu tentukan sendiri. Setelah itu kamu dapat mencoba menulis suatu hal yang lebih berkualitas, misalnya seperti novel ataupun cerita pendek.

Membaca kembali tulisan

membaca kembali tulisan via pxhere.com

Usai kamu menulis suatu konten, maka bacalah kembali konten yang kamu tulis. Maka dengan demikian kamu akan mengetahui apa yang kurang dari tulisan tersebut, bagaimana alur tulisan tersebut hingga apakah ada kesalahan dalam penulisan. Dengan membacanya berulang-ulang maka kamu akan menemukan jika ada kesalahan. Oleh karena itu menjadi seorang penulis harus memiliki ketelitian yang tinggi.

Patuh pada deadline

taat pada deadline via kincir.com

Jika kamu diberikan deadline atau tenggang waktu tertentu, maka patuhilah. Hindari untuk melanggarnya, sebab kamu dapat dikatakan sosok yang tak profesional akibat perilaku tersebut. Jika kamu berkata setuju, maka lakukan sesuai perkataanmu tersebut. Apabila kamu berlaku kurang menyenangkan dengan menunda pekerjaan, maka klien tersebut juga akan merasa kecewa dan bisa saja menghentikan kamu sebagai penulisnya.

Pelajari tata penulisan yang benar

mempelajari tata bahasa kepenulisan via krishnalearningcenter.com

Meskipun konten yang kamu tulis adalah artikel yang bernuansa santai, namun kamu harus tetap memperhatikan ejaan yang benar. Jika perlu, kamu dapat membeli buku EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Hal ini akan membuat tulisan kamu lebih mudah dibaca oleh para pembaca. Pemilihan kata-kata yang baku namun bersifat santai juga perlu kamu lakukan.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jalangkote Rasa Keju Film Web Series Pertama Kota Makassar, Cek Tanggal Rilisnya!

Rahasia Tampil Cantik Ala Tatjana Saphira, Yuk Ikuti Tipsnya!