in

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Agar Tak Merana Saat Usia Senja

CakapCakap – Usia senja pasti akan datang menghampiri kita semua. Sehingga kita harus mempersiapkannya sejak saat ini. Meskipun kini kita masih muda, namun seiring dengan berjalannya waktu maka usia senja juga akan segera datang bukan? Lantas, apa yang hendak Cakap People lakukan ketika sudah sampai pada usia senja nanti? Pasti mayoritas orang akan menjawab ingin bersenang-senang dengan anak dan cucu. Menghabiskan waktu yang berarti dengan mereka di sisa-sisa usia ini.

Tentu hal tersebut jadi tak masalah jika usia senja kita penuh kesenangan. Namun, bagaimana jika sebaliknya? Kamu harus bekerja keras meskipun sudah berada di usia renta lantaran tak memiliki kemapanan. Ketika masih muda pun kamu tak pernah memanfaatkan waktu dengan baik, gemar menghabiskan uang dan tak bertanggung jawab. Nah, ini dia 5 hal yang perlu kamu lakukan supaya tak merana saat usia senja menyapa.

1. Hindari untuk menunda

Hindari untuk menunda via metrotvnews.com

Sering menunda menabung lantaran alasan malas atau tak sanggup? Padahal untuk keperluan shopping saja kamu tak pernah menundanya. Jika kamu tak bisa menyisihkan banyak, maka sisihkanlah sedikit demi sedikit. Familiar dengan peribahasa sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit bukan? Jika usiamu saat ini 20 tahunan dan kamu terbiasa untuk menabung, maka bayangkan berapa yang kamu dapatkan 20 tahun ke depan.

2. Mulai menabung

Mulai menabung via okezone.com

Dibanding kamu harus menabung di rumah, lebih baik simpan tabunganmu di bank saja. Selain lebih aman, kemungkinan untuk terusik juga minim. Kamu dapat memilih jenis tabungan yang sesuai untuk tabungan masa tuamu nanti. Mulai dari deposito hingga tabungan berjangka.

3. Persiapkan dana pensiun

Persiapkan dana pensiun via blog.e-mas.com

Mayoritas pekerja memang mendapatkan jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan. Namun, perlu kamu ketahui jika tak semua pekerja mendapatkannya. Sehingga masa pensiunnya ada yang tak terjamin. Oleh karena itu, kamu wajib mempersiapkannya secara pribadi. Hal ini untuk mencegah terlalu keras bekerja pada masa senja nanti. Dimana kekuatan fisik tak seperkasa dulu.

Kamu sebaiknya mulai menyisihkan gaji bulanan untuk ditabung atau diinvestasikan. Maka dengan demikian ada jaminan untuk hari tuamu nanti. Investasi dalam wujud emas juga terbilang menguntungkan lho! Tetapi ada pula jenis investasi lain seperti reksa dana dan masih banyak lagi. Sebelum memutuskan untuk investasi, ada baiknya jika kamu mempelajari terkait investasi terlebih dulu.

4. Jangan sia-siakan waktu

Jangan pernah sia-siakan waktu via kompasiana.com

Walau sedetik saja jangan pernah menganggap remeh waktu. Sebab kamu tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi 1 detik kemudian. Jika ketika muda kamu berlaku boros, gemar menyepelekan waktu dan tak sungguh-sungguh dalam bekerja, maka semasa tua nanti kehidupanmu bisa merana. Cobalah untuk lebih produktif di masa mudamu saat ini. Sehingga nanti saat masa tua, kamu tak perlu kelelahan untuk mencukupi kebutuhan atau membebani orang lain atas kondisimu.

5. Merinci dana penisun

Merinci dana pensiun via pakargroup.net

Setiap orang pasti punya kebutuhan yang tak sama bukan? Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu merinci segala kebutuhanmu di masa tua nanti. Termasuk jaminan kesehatan serta tempat tinggal. Jika kamu cermat dalam menghitung, maka dapat kamu sisihkan dari sekarang. Penghitungan yang tetap dapat membantumu menikmati masa tua penuh kebahagiaan nanti.

Menanamkan kebiasaan baik sejak masih muda memang tak ada salahnya. Apalagi untuk mempersiapkan hari tua yang bahagia. Dibanding Cakap People harus bekerja keras di masa tua, bukankah lebih baik untuk bekerja keras saat masih muda? Dimana otot dan tulang masih gagah nan perkasa. Coba renungkan yuk!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Fakta Payudara Terasa Sakit, Terungkap 5 Pemicunya

Siap-siap Buat Warga Gorontalo, Ada Syarat Khusus Buat Calon Pengantin