in

Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Mengelola Keuangan

CakapCakap – Cakap People, terutama, Ladies, siapa sih yang nggak pernah boros dalam menggunakan uang? Sadar nggak sadar terkadang kita cenderung kebablasan dalam menggunakan uang, padahal masyarakat banyak yang berpandangan jika wanita itu harus pintar mengatur keuangan.

Tapi kenyataannya, hal tersebut justru terbalik. Terkadang, wanita justru menghabiskan uang jauh lebih banyak ketimbang kaum lelaki. Apalagi untuk kamu yang sudah menikah, uang suami dijadikan senjata untuk hidup sedikit ‘foya-foya’.

 Padahal, sebagai wanita kamu harus bisa mengelola keuangan dengan baik karena hal ini berpengaruh di masa berikutnya. Nggak cuma 1-2 tahun ke depan, tapi bahkan lebih dari 20 tahun mendatang.

Nah, agar nggak terlalu kebablasan ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal dibawah ini, ya. Tips ini juga mungkin berguna untuk memberikan pendidikan pengelolaan keuangan sejak kecil.

Terlalu Banyak Membeli Barang Fashion

Terlalu banyak shopping via https://www.rawpixel.com/image/67798/clothing-rack-fashion-shop

Ngaku deh, siapa sih dari kamu yang nggak doyan buat beli baju. Semua wanita pasti suka banget yang namanya ‘belanja baju’. Nungguin temen, cek salah satu toko baju di mall. Mau jalan-jalan, cek toko baju online. Ada tren baju terbaru, langsung dikejar-kejar. Ada diskon 50 persen, langsung beli.

Apalagi ada beberapa musim yang memang dikhususkan untuk kamu yang doyan banget belanja, misalnya saja waktu lebaran, akhir tahun, dan belanja di tanggal cantik (11.11, 12.12, 10.10). Ditambah lagi dengan mudahnya para wanita untuk menggesek kartu kredit dan mengambil cicilan hanya untuk mendapatkan tas branded. Atau diskon-diskon yang membuatmu berpikir,”Beli aja dulu, pakenya nanti.” Tahukah kamu, hal tersebut justru akan membawamu ke lubang hitam yang menyesatkan.

Beberapa hal tersebut merupakan kesalahan besar dalam pengelolaan uang. Kenapa? Karena dengan mudahnya dirimu tergoda untuk membeli baju atau sepatu yang justru tidak akan kamu gunakan dalam jangka panjang, akan membuat gaji bulananmu bablas begitu saja.

Saran CakapCakap adalah kamu harus mulai mengurangi kegiatan nongkrong atau jika memang kamu ingin bertemu dengan temanmu, ajaklah ke tempat-tempat yang kurang lebih tak membuatmu ingin melihat-lihat baju atau sepatu baru.

Dikelilingi oleh Wanita Pemboros

Dikelilingi oleh Wanita Pemboros via https://pixabay.com/en/woman-girl-young-adult-lifestyle-3373637/

Percaya nggak percaya, ketika sekeliling kamu adalah orang-orang yang hobi berbelanja, maka kamu juga akan terpengaruh dengan gaya hidup mereka. Dalam kehidupan sosialisasi, ada kira-kira lima orang yang paling dekat denganmu, jika salah satu atau salah dua dari temanmu memiliki kebiasaan untuk berbelanja, ada kemungkinan kamu juga akan mengikuti gaya hidup teman-temanmu. Ini dikarenakan secara psikologi, seorang wanita lebih rentan terhadap tekanan teman-teman sebaya. Untuk itu, habiskanlah waktu bersama teman-teman yang sekiranya tidak memiliki hobi berbelanja.

Kebanyakan Laper Mata

Kebanyakan Laper Mata via https://pixabay.com/en/people-girl-female-lady-clothing-2557483/

Belanja memang membuatmu merasa lebih baik, namun sayangnya hal tersebut tidak akan bertahan lama. Untuk itulah kamu harus menghindari hal ini. Hal ini justru membuatmu menyesal beberapa hari kemudian. Ini dikarenakan kamu berbelanja atas dasar emosi sesaat.

Hal terbaik yang bisa Cakap People lakukan adalah buatlah keputusan keuangan lebih baik untuk menghindari penyesalan. Atur keuanganmu atau kalau bisa, bawa saja uang tunai ketika kamu berbelanja.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

15 Tahun Lagi, Pekerjaan Manusia Bakal Dikuasai Kecerdasan Buatan!

Tak Disangka, Buah Ini Dapat Membantu Memperlancar Dietmu!