in

Canggih! Robot di Jepang Ini Ternyata Bisa Memasak Ayam Goreng

CakapCakap – Jepang sudah sejak lama dikenal bisa menciptakan berbagai teknologi canggih yang kemudian banyak digunakan di berbagai negara di seluruh dunia. Termasuk pula teknologi robot yang hingga kini terus dikembangkan oleh para ilmuwan di Negeri Matahari Terbit tersebut secara lebih mendetail. Cakap People pun pasti juga sudah mengetahui ada beragam robot yang telah bisa dilahirkan oleh para ‘orang pintar’ dari Jepang, termasuk robot yang mampu memasak ayam goreng.

Robot Karaage-kun di restoran Lawson cabang TOC Osaki, Tokyo yang bisa memasak ayam goreng sendiri. Via japantimes.co.jp

Seperti dimuat oleh Okezone.com, sebuah robot di Jepang berfungsi membantu pekerjaan memasak di restoran, yakni minimarket modern Lawson cabang TOC Osaki yang berada di kota Tokyo. Dengan dibantu robot bernama Karaage-kun tersebut untuk memasak ayam goreng yang mudah dan cepat, restoran itu pun menyajikannya dengan cara yang unik. Menariknya lagi, robot itu pun menyerupai ayam berbentuk kotak dan dapat otomatis membuat ayam goreng ala Jepang alias chicken karaage.

Robot ini dapat memasak ayam goreng 80 persen lebih cepat daripada menggoreng seperti biasa. Sehingga, pembeli tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pesanan ayam gorengnya. Mereka hanya melakukan pembayaran di kasir lebih dulu, lalu mendapat kupon dengan barcode yang harus dipindai ke robot. Tanpa waktu lama pelanggan akan mendapat pesanannya. Sebelumnya, restoran Lawson juga telah menguji sistem self-checkout yang memungkinkan pelanggan untuk memindai, membayar dan membungkus barang belanjanya sendiri, sehingga tidak diperlukan lagi seorang kasir.

Robot yang bekerja sebagai pelayan restoran dengan dikendalikan para difabel dari rumah. Via tribunnews.com

Beda lagi dengan robot yang sedang dikembangkan oleh sekelompok peneliti di Jepang ini. Seperti dilaporkan laman Tribunnews.com, robot pekerja ini diciptakan sebagai pendamping bagi mereka yang mengalami cacat. Robot ini sebenarnya juga ‘bekerja’ sebagai pelayan di sebuah restoran, di mana ditempatkan tiga robot. Robot ini pun mampu menerima dan mengirim pesanan, hingga bisa berkomunikasi melalui kontrol manusia dengan dikendalikan dari mana saja termasuk di rumah.

Para difabel mengontrol robot-robot itu dari jarak jauh melalui monitor yang berhubungan dengan kamera yang bertindak sebagai mata robot, serta memberikan pengalaman nyata pada pengontrol. Menariknya, untuk mengontrolnya pun bisa dengan menggunakan gerakan minimal anggota tubuh termasuk mengendalikannya melalui gerakan mata. Hingga kini ada 10 orang difabel yang sukarela menjadi bagian dari upaya menguji efektivitas robot pelayan restoran itu. Canggih ya, Cakap People!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Keren! Aplikasi WeChat Bisa Lacak Keberadaan Debitur ‘Nakal’ di Cina

Penting Jika Jadi Korban Kecelakaan! Ini Syarat dan Cara Bisa Langsung Pakai BPJS